Mengalami berkat Tuhan

Dari GBI Danau Bogor Raya
< Materi COOL Dewasa Muda
Revisi per 5 Mei 2011 10.24 oleh Leo (bicara | kontrib) (baru)
(beda) ← Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)
Lompat ke: navigasi, cari
Mengalami berkat Tuhan
Logo KPA.png
Materi COOL Dewasa Muda
PeriodeMei 2011
MingguI (2011-17)
Sebelumnya
    Selanjutnya
      Unduh PDF

      Pendahuluan

      Ketika Allah memanggil Abraham keluar dari negerinya Ur Kasdim untuk pergi ke negeri yang akan ditunjukkan oleh Tuhan, maka Allah memberikan janji yaitu:

      1. Tuhan hendak menjadikan Abraham menjadi bangsa yang besar
      2. Memberkati serta membuat namanya masyhur dan menjadi berkat
      3. Tuhan akan memberkati orang-orang yang memberkati Abraham dan mengutuki orang-orang yang mengutuk Abraham, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.

      Jadi ada tujuan Allah memberkati Abraham yaitu agar semua kaum di muka bumi mendapat berkat. Berkat yang terbesar yang diterima oleh bangsa-bangsa adalah: Menerima Roh yang telah dijanjikan.

      Galatia 3:14, “Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu”.

      Isi

      A. Menerima berkat Tuhan berarti menerima:

      1. Keselamatan.

      Berkat terbesar ialah keselamatan dalam Yesus Kristus. Ketika kita menerima Tuhan Yesus, maka Roh Kudus diberikan untuk tinggal dalam hidup kita.
      Efesus 4:30, Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.
      Efesus 1:14, Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

      2. Janji-janji Allah

      Roma 8:15-17, Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!” Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah. Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.
      Jadi berkat Abraham yang sebenarnya akan diterima oleh bangsa-bangsa lain, bukan hanya berkat materi melainkan berkat keselamatan melalui Yesus Kristus Tuhan. Allah punya tujuan ilahi ketika memberkati Abraham, yaitu bukan hanya agar hidupnya diberkati, tapi juga menjadi berkat buat keselamatan bangsa-bangsa. Mengapa Allah menetapkan tujuan agar berkat yang diterima tidak hanya untuk diri kita tapi menjadi berkat juga buat orang lain, memperluas Kerajaan Allah di muka bumi?

      B. Tinggal dalam berkat-Nya:

      1. Cara ilahi agar berkat-berkat Allah terus mengalir dalam hidup:

      Lukas 6:38, “Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.”

      2. Cara ilahi untuk melipatgandakan berkat-berkat yang kita terima.

      Matius 6:33, “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu”

      3.Cara ilahi agar hidup kita mengalami kebahagiaan:

      Kisah Para Rasul 20:35, “Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.”
      Matius 6:24, “Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”

      Diskusikan

      Sharingkan bagaimana saudara mengalami berkat Tuhan;

      Dari uraian di atas, adakah kendala/penghalang yang saudara alami dalam mengalami berkat Tuhan?