Ayo Baca Alkitab

Dari GBI Danau Bogor Raya
Revisi per 9 Januari 2019 03.10 oleh Leo (bicara | kontrib) (upd)
Lompat ke: navigasi, cari

AyoBacaAlkitab.png

Bacaan hari ini

Minggu, 24 Mei 2020

Berkat dan Pujian, Korban pentahbisan dan perayaan, Tuhan menampakan diri kepada Salomo

(1 Raja-Raja 8:54-66; 2 Tawarikh 7:1-10; 1 Raja-Raja 9:1-9; 2 Tawarikh 7:11-22; 1 Raja-Raja 9:10-14)

Berkat dan Pujian, Api turun dari langit, nyanyian syukur

1 Raja-Raja 8:54-61

Ketika Salomo selesai memanjatkan segala doa dan permohonan itu kepada TUHAN, bangkitlah ia dari depan mezbah TUHAN setelah berlutut dengan menadahkan tangannya ke langit. Maka berdirilah ia dan memberkati segenap jemaah Israel dengan suara nyaring, katanya: "Terpujilah TUHAN yang memberikan tempat perhentian kepada umat-Nya Israel tepat seperti yang difirmankan-Nya; dari segala yang baik, yang telah dijanjikan-Nya dengan perantaraan Musa, hamba-Nya, tidak ada satupun yang tidak dipenuhi. Kiranya TUHAN, Allah kita, menyertai kita sebagaimana Ia telah menyertai nenek moyang kita, janganlah Ia meninggalkan kita dan janganlah Ia membuangkan kita, tetapi hendaklah dicondongkan-Nya hati kita kepada-Nya untuk hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, dan untuk tetap mengikuti segala perintah-Nya dan ketetapan-Nya dan peraturan-Nya yang telah diperintahkan-Nya kepada nenek moyang kita. Hendaklah perkataan yang telah kupohonkan tadi di hadapan TUHAN, dekat pada TUHAN, Allah kita, siang dan malam, supaya Ia memberikan keadilan kepada hamba-Nya dan kepada umat-Nya Israel menurut yang perlu pada setiap hari, supaya segala bangsa di bumi tahu, bahwa Tuhanlah Allah, dan tidak ada yang lain, dan hendaklah kamu berpaut kepada TUHAN, Allah kita, dengan sepenuh hatimu dan dengan hidup menurut segala ketetapan-Nya dan dengan tetap mengikuti segala perintah-Nya seperti pada hari ini."

2 Tawarikh 7:1-3

Setelah Salomo mengakhiri doanya, apipun turun dari langit memakan habis korban bakaran dan korban-korban sembelihan itu, dan kemuliaan TUHAN memenuhi rumah itu. Para imam tidak dapat memasuki rumah TUHAN itu, karena kemuliaan TUHAN memenuhi rumah TUHAN. Ketika segenap orang Israel melihat api itu turun dan kemuliaan TUHAN meliputi rumah itu, berlututlah mereka di atas lantai dengan muka mereka sampai ke tanah, lalu sujud menyembah dan menyanyikan syukur bagi TUHAN: "Sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya."

Korban pentahbisan dan perayaan

1 Raja-Raja 8:54-62-66

Lalu raja bersama-sama segenap Israel mempersembahkan korban sembelihan di hadapan TUHAN. Sebagai korban keselamatannya kepada TUHAN Salomo mempersembahkan dua puluh dua ribu ekor lembu sapi dan seratus dua puluh ribu ekor kambing domba. Demikianlah raja dan segenap Israel mentahbiskan rumah TUHAN itu.

Pada hari itu juga raja menguduskan pertengahan pelataran yang di depan rumah TUHAN, sebab di situlah ia mempersembahkan korban bakaran, korban sajian dan segala lemak korban keselamatan, sebab mezbah tembaga yang di hadapan TUHAN itu terlalu kecil untuk memuat korban bakaran dan korban sajian dan segala lemak korban keselamatan itu.

2 Tawarikh 7:4-10

Lalu raja bersama-sama seluruh bangsa mempersembahkan korban sembelihan di hadapan TUHAN. Sebagai korban sembelihan raja Salomo mempersembahkan dua puluh dua ribu ekor lembu sapi dan seratus dua puluh ribu ekor kambing domba. Demikianlah raja dan seluruh bangsa mentahbiskan rumah Allah. Para imam telah siap berdiri pada tempat mereka. Begitu pula orang-orang Lewi telah siap dengan alat-alat musik untuk memuliakan TUHAN, yakni alat-alat musik yang dibuat raja Daud untuk mengiringi nyanyian syukur bagi TUHAN: "Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!" setiap kali mereka ditugaskan Daud menyanyikan puji-pujian. Dalam pada itu para imam berdiri berhadapan dengan mereka sambil meniup nafiri, sedang segenap orang Israel berdiri.

Lalu Salomo mengadakan perayaan pada waktu itu juga, di hadapan TUHAN, Allah kita, selama tujuh hari, bersama-sama dengan seluruh Israel, suatu jemaah yang besar, dari jalan masuk ke Hamat sampai sungai Mesir. Pada hari yang kedelapan disuruhnya bangsa itu pergi, maka mereka memohon berkat untuk raja, lalu pulang ke kemah mereka sambil bersukacita dan bergembira atas segala kebaikan yang telah dilakukan TUHAN kepada Daud, hamba-Nya, dan kepada orang Israel, umat-Nya.

Lalu Salomo menguduskan pertengahan pelataran yang di depan rumah TUHAN, sebab di situlah diolahnya segala korban bakaran dan lemak korban keselamatan, sebab mezbah tembaga yang dibuat Salomo tidak dapat memuat korban bakaran dan korban sajian dan segala lemak korban. Dan pada waktu itu juga Salomo mengadakan perayaan Pondok Daun selama tujuh hari, bersama-sama dengan seluruh Israel, suatu jemaah yang amat besar, dari jalan masuk ke Hamat sampai ke sungai Mesir. Pada hari yang kedelapan mereka mengadakan perkumpulan raya, karena mereka telah merayakan pentahbisan mezbah selama tujuh hari, dan perayaan Pondok Daun selama tujuh hari. Pada hari yang kedua puluh tiga, bulan ketujuh, disuruhnya bangsa itu pulang ke kemah-kemah mereka sambil bersukacita dan bergembira atas kebaikan yang telah dilakukan TUHAN kepada Daud, kepada Salomo, dan kepada orang Israel, umat-Nya.

TUHAN menampakkan diri kepada Salomo untuk kedua kalinya

1 Raja-Raja 9:1-9

Ketika Salomo selesai mendirikan rumah TUHAN dan istana raja dan membuat segala yang diinginkannya, maka TUHAN menampakkan diri kepada Salomo untuk kedua kalinya seperti Ia sudah menampakkan diri kepadanya di Gibeon. Firman TUHAN kepadanya: "Telah Kudengar doa dan permohonanmu yang kausampaikan ke hadapan-Ku; Aku telah menguduskan rumah yang kaudirikan ini untuk membuat nama-Ku tinggal di situ sampai selama-lamanya, maka mata-Ku dan hati-Ku akan ada di situ sepanjang masa. Mengenai engkau, jika engkau hidup di hadapan-Ku sama seperti Daud, ayahmu, dengan tulus hati dan dengan benar, dan berbuat sesuai dengan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan jika engkau tetap mengikuti segala ketetapan dan peraturan-Ku, maka Aku akan meneguhkan takhta kerajaanmu atas Israel untuk selama-lamanya seperti yang telah Kujanjikan kepada Daud, ayahmu, dengan berkata: Keturunanmu takkan terputus dari takhta kerajaan Israel. Tetapi jika kamu ini dan anak-anakmu berbalik dari pada-Ku dan tidak berpegang pada segala perintah dan ketetapan-Ku yang telah Kuberikan kepadamu, dan pergi beribadah kepada allah lain dan sujud menyembah kepadanya, maka Aku akan melenyapkan orang Israel dari atas tanah yang telah Kuberikan kepada mereka, dan rumah yang telah Kukuduskan bagi nama-Ku itu, akan Kubuang dari hadapan-Ku, maka Israel akan menjadi kiasan dan sindiran di antara segala bangsa. Dan rumah ini akan menjadi reruntuhan, sehingga setiap orang yang lewat akan tertegun, bersuit, dan berkata: Apakah sebabnya TUHAN berbuat yang demikian kepada negeri ini dan kepada rumah ini? Maka orang akan berkata: Sebab mereka meninggalkan TUHAN, Allah mereka, yang membawa nenek moyang mereka keluar dari tanah Mesir dan sebab mereka berpegang pada allah lain dan sujud menyembah kepadanya dan beribadah kepadanya. Itulah sebabnya TUHAN mendatangkan segala malapetaka ini ke atas mereka."

2 Tawarikh 7:11-22

Demikianlah Salomo menyelesaikan rumah TUHAN dan istana raja, dan berhasil melaksanakan dalam rumah TUHAN dan dalam istananya segala sesuatu yang timbul dalam hatinya.

Kemudian TUHAN menampakkan diri kepada Salomo pada malam hari dan berfirman kepadanya: "Telah Kudengar doamu dan telah Kupilih tempat ini bagi-Ku sebagai rumah persembahan. Bilamana Aku menutup langit, sehingga tidak ada hujan, dan bilamana Aku menyuruh belalang memakan habis hasil bumi, dan bilamana Aku melepaskan penyakit sampar di antara umat-Ku, dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka. Sekarang mata-Ku terbuka dan telinga-Ku menaruh perhatian kepada doa dari tempat ini. Sekarang telah Kupilih dan Kukuduskan rumah ini, supaya nama-Ku tinggal di situ untuk selama-lamanya, maka mata-Ku dan hati-Ku akan ada di situ sepanjang masa. Mengenai engkau, jika engkau hidup di hadapan-Ku sama seperti Daud, ayahmu, dan berbuat sesuai dengan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan jika engkau tetap mengikuti segala ketetapan dan peraturan-Ku, maka Aku akan meneguhkan takhta kerajaanmu sesuai dengan perjanjian yang telah Kuikat dengan Daud, ayahmu, dengan berkata: Takkan terputus keturunanmu yang memerintah atas Israel. Tetapi jika kamu ini berbalik dan meninggalkan segala ketetapan dan perintah-Ku yang telah Kuberikan kepadamu, dan pergi beribadah kepada allah lain dan sujud menyembah kepadanya, maka Aku akan mencabut kamu dari tanah-Ku yang telah Kuberikan kepadamu, dan rumah ini yang telah Kukuduskan bagi nama-Ku, akan Kubuang dari hadapan-Ku, dan akan Kujadikan kiasan dan sindiran di antara segala bangsa. Dan setiap orang yang lewat rumah yang amat ditinggikan ini, akan tertegun dan berkata: Apakah sebabnya TUHAN berbuat yang demikian kepada negeri ini dan kepada rumah ini? Maka orang akan berkata: Sebab mereka meninggalkan TUHAN, Allah nenek moyang mereka, yang membawa mereka keluar dari tanah Mesir, dan sebab mereka berpegang pada allah lain dan sujud menyembah kepadanya dan beribadah kepadanya. Itulah sebabnya Ia mendatangkan segala malapetaka ini ke atas mereka."


1 Raja-Raja 9:10-14

Beberapa usaha raja Salomo

Setelah lewat dua puluh tahun selesailah Salomo mendirikan kedua rumah itu, yakni rumah TUHAN dan istana raja. Oleh karena Hiram, raja Tirus, telah membantu Salomo dengan kayu aras, kayu sanobar, dan emas, sebanyak yang dikehendakinya, maka pada waktu itu raja Salomo memberikan kepada Hiram dua puluh kota di negeri Galilea. Tetapi ketika Hiram datang dari Tirus untuk melihat-lihat kota-kota yang diberikan Salomo kepadanya itu, maka semuanya kurang menyenangkan hatinya. Sebab itu ia berkata: "Macam apakah kota-kota yang telah kauberikan kepadaku ini, hai saudaraku?" Maka orang menyebutkannya tanah Kabul sampai hari ini. Adapun Hiram telah mengirim kepada raja seratus dua puluh talenta emas.


Baca Firman Tuhan setiap hari!

Sebagai orang Kristen adalah sebuah keanehan jika tidak pernah sekalipun selesai membaca seluruh Alkitab dari Kejadian sampai Wahyu. Tetapi pada kenyataannya itulah yang terjadi pada sebagian besar dari orang Kristen.

Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil. (Mazmur 1:1-3)

Mari kita baca Alkitab setiap hari, Firman Tuhan menjamin bahwa hidup kita akan berubah.


Jadwal pembacaan Alkitab secara kronologis

Jadwal pembacaan Alkitab berikut ini berdasarkan kronologi atau urutan peristiwa yang terjadi dalam Alkitab sehingga pembaca akan lebih memahami apa yang sebenarnya terjadi. Jadi tidak selalu berdasarkan urutan susunan buku dalam Alkitab, namun seluruh bagian Alkitab akan selesai dibaca pada akhir tahun.


Jadwal baca Alkitab Mei 2020

Tanggal Judul Ayat
2020050101 Mei Nyanyian syukur Daud 2 Sam 22:1-51; Mzm 18
2020050202 Mei Pendaftaran dan hukuman, Mezbah didirikan dekat Yerusalem 2 Sam 24:1-9; 1 Taw 21:1-6; 2 Sam 24:10-17; 1 Taw 21:7-17; 2 Sam 24:18-25; 1 Taw 21:18-22:19
2020050303 Mei Orang Lewi dibagi dan diberi tugas, para imam dibagi dalam rombongan, para penyanyi 1 Taw 23:1-25:31
2020050404 Mei Penunggu pintu dan pejabat diantara orang Lewi, panglima dan pembesar lainnya 1 Taw 26:1-28:21
2020050505 Mei Sumbangan pembangunan bait Suci 1 Taw 29:1-22; 1 Raj 1:1-53
2020050606 Mei Perkataan Daud yang terakhir, Daud meninggal, Salomo menjadi raja 1 Raj 2:1-9; 2 Sam 23:1-7; 1 Raj 2:10-12; 1 Taw 29:26-30; Mzm 4-6; Mzm 8-9; Mzm 11
2020050707 Mei Mazmur-Mazmur Daud (Mazmur 12-17, 19-21) Mzm 12, 13, 14, 15, 16, 17, 19, 20, 21
2020050808 Mei Mazmur-Mazmur Daud (Mazmur 22-26) Mzm 22, 23, 24, 25, 26
2020050909 Mei Mazmur-Mazmur Daud (Mazmur 27-32) Mzm 27, 28, 29, 30, 31, 32
2020051010 Mei Mazmur-Mazmur Daud (Mazmur 35-38) Mzm 35, 36, 37, 38
2020051111 Mei Mazmur-mazmur Daud (Mazmur 39-41, 53, 55, 58) Mzm 39-41, 53, 55, 58
2020051212 Mei Mazmur-mazmur Daud (Mazmur 61-62, 64-67) Mzm 61-62, 64-67
2020051313 Mei Mazmur-Mazmur Daud (Mazmur 68-70, 86, 101) Mzm 68-70, 86, 101
2020051414 Mei Mazmur-Mazmur Daud (Mazmur 103, 108-110, 122, 124) Mzm 103, 108-110, 122, 124
2020051515 Mei Mazmur-Mazmur Daud (Mazmur 131, 133, 138-141, 143) Mzm 131; Mzm 133; Mzm 138-141; Mzm 143
2020051616 Mei Mazmur-Mazmur Daud (Mazmur 144-145, 88-89) Mzm 144-145; Mzm 88-89
2020051717 Mei Mazmur-Mazmur Asaf (Mazmur 50, 73-74) Mzm 50; Mzm 73-74
2020051818 Mei Mazmur-Mazmur Asaf (Mazmur 75-78) Mzm 75-78
2020051919 Mei Mazmur-Mazmur Asaf (Mazmur 79-82) Mzm 79-82
2020052020 Mei Mazmur Asaf, Salomo menjadi raja, Doa Salomo memohon hikmat Mzm 83; 1 Taw 29:23-25; 2 Taw 1:1; 1 Raj 2:13-3:4; 2 Taw 1:2-6; 1 Raj 3:5-15; 2 Taw 1:7-13
2020052121 Mei Hikmat Salomo, Persiapan dan Pembangunan Bait Suci 1 Raj 3:16-28; 1 Raj 5:1-18; 2 Taw 2:1-18; 1 Raj 6:1-13; 2 Taw 3:1-14; 1 Raj 6:14-38
2020052222 Mei Istana Salomo, Perabotan Bait Suci 1 Raj 7:1-51; 2 Taw 3:15-4:22
2020052323 Mei Pentahbisan Bait Suci, kemuliaan Tuhan memenuhi Bait Suci 1 Raj 8:1-11; 2 Taw 5:1-14; 1 Raj 8:12-21; 2 Taw 6:1-11; 1 Raj 8:22-53; 2 Taw 6:12-42
2020052424 Mei Berkat dan Pujian, Korban pentahbisan dan perayaan, Tuhan menampakan diri kepada Salomo 1 Raj 8:54-66; 2 Taw 7:1-10; 1 Raj 9:1-9; 2 Taw 7:11-22; 1 Raj 9:10-14
2020052525 Mei Beberapa usaha raja Solomo, kunjungan ratu negeri Syeba 2 Taw 8:1-18; 1 Raj 9:15-10:13; 2 Taw 9:1-12; 1 Raj 10:14-29; 2 Taw 9:13-28; 2 Taw 1:14-17
2020052626 Mei Para pembesar Salomo dan para kepala daerahnya, kebesaran Salomo 1 Raj 4:1-34; Mzm 72; Mzm 127
2020052727 Mei Amsal-amsal Salomo mengenai hikmat (Amsal 1- 4) Ams 1-4
2020052828 Mei Amsal-amsal Salomo mengenai perzinahan dan berbagai-bagai nasihat (Amsal 5-7) Ams 5-7
2020052929 Mei Amsal-amsal Salomo mengenai hikmat (Amsal 8-10) Ams 8-10
2020053030 Mei Kumpulan amsal-amsal Salomo (Amsal 11-13) Ams 11-13
2020053131 Mei Kumpulan amsal-amsal Salomo (Amsal 14-16) Ams 14-16

Lihat pula