Ayo Baca Alkitab

Dari GBI Danau Bogor Raya
Revisi per 7 Januari 2019 11.25 oleh Leo (bicara | kontrib) (upd)
Lompat ke: navigasi, cari

AyoBacaAlkitab.png

Bacaan hari ini

Rabu, 23 Oktober 2019

Yesus diurapi, dielu-elukan di Yerusalem

(Markus 14:3-9; Matius 26:6-13; Yohanes 12:1-11; Markus 11:1-11; Matius 21:1-11; Lukas 19:28-40; Yohanes 12:12-19; Lukas 19:41-44; Yohanes 12:20-36)

Yesus diurapi

(Catatan Markus)


Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, dan sedang duduk makan, datanglah seorang perempuan membawa suatu buli-buli pualam berisi minyak narwastu murni yang mahal harganya. Setelah dipecahkannya leher buli-buli itu, dicurahkannya minyak itu ke atas kepala Yesus. Ada orang yang menjadi gusar dan berkata seorang kepada yang lain: "Untuk apa pemborosan minyak narwastu ini? Sebab minyak ini dapat dijual tiga ratus dinar lebih dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin." Lalu mereka memarahi perempuan itu. Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah dia. Mengapa kamu menyusahkan dia? Ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku. Karena orang-orang miskin selalu ada padamu, dan kamu dapat menolong mereka, bilamana kamu menghendakinya, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu. Ia telah melakukan apa yang dapat dilakukannya. Tubuh-Ku telah diminyakinya sebagai persiapan untuk penguburan-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia."

(Catatan Matius)


Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, datanglah seorang perempuan kepada-Nya membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal. Minyak itu dicurahkannya ke atas kepala Yesus, yang sedang duduk makan. Melihat itu murid-murid gusar dan berkata: "Untuk apa pemborosan ini? Sebab minyak itu dapat dijual dengan mahal dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin." Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata: "Mengapa kamu menyusahkan perempuan ini? Sebab ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku. Karena orang-orang miskin selalu ada padamu, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu. Sebab dengan mencurahkan minyak itu ke tubuh-Ku, ia membuat suatu persiapan untuk penguburan-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil ini diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia."

(Catatan Yohanes)


Enam hari sebelum Paskah Yesus datang ke Betania, tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang mati. Di situ diadakan perjamuan untuk Dia dan Marta melayani, sedang salah seorang yang turut makan dengan Yesus adalah Lazarus. Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu. Tetapi Yudas Iskariot, seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan Dia, berkata: "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?" Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya. Maka kata Yesus: "Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku. Karena orang-orang miskin selalu ada pada kamu, tetapi Aku tidak akan selalu ada pada kamu."

Persepakatan untuk membunuh Lazarus

Sejumlah besar orang Yahudi mendengar, bahwa Yesus ada di sana dan mereka datang bukan hanya karena Yesus, melainkan juga untuk melihat Lazarus, yang telah dibangkitkan-Nya dari antara orang mati. Lalu imam-imam kepala bermupakat untuk membunuh Lazarus juga, sebab karena dia banyak orang Yahudi meninggalkan mereka dan percaya kepada Yesus.

Yesus dielu-elukan di Yerusalem

(Catatan Markus)


Ketika Yesus dan murid-murid-Nya telah dekat Yerusalem, dekat Betfage dan Betania yang terletak di Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu. Pada waktu kamu masuk di situ, kamu akan segera menemukan seekor keledai muda tertambat, yang belum pernah ditunggangi orang. Lepaskan keledai itu dan bawalah ke mari. Dan jika ada orang mengatakan kepadamu: Mengapa kamu lakukan itu, jawablah: Tuhan memerlukannya. Ia akan segera mengembalikannya ke sini." Merekapun pergi, dan menemukan seekor keledai muda tertambat di depan pintu di luar, di pinggir jalan, lalu melepaskannya. Dan beberapa orang yang ada di situ berkata kepada mereka: "Apa maksudnya kamu melepaskan keledai itu?" Lalu mereka menjawab seperti yang sudah dikatakan Yesus. Maka orang-orang itu membiarkan mereka. Lalu mereka membawa keledai itu kepada Yesus, dan mengalasinya dengan pakaian mereka, kemudian Yesus naik ke atasnya. Banyak orang yang menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang menyebarkan ranting-ranting hijau yang mereka ambil dari ladang. Orang-orang yang berjalan di depan dan mereka yang mengikuti dari belakang berseru:

"Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, diberkatilah Kerajaan yang datang, Kerajaan bapak kita Daud, hosana di tempat yang maha tinggi!"

Sesampainya di Yerusalem Ia masuk ke Bait Allah. Di sana Ia meninjau semuanya, tetapi sebab hari sudah hampir malam Ia keluar ke Betania bersama dengan kedua belas murid-Nya.

(Catatan Matius)


Ketika Yesus dan murid-murid-Nya telah dekat Yerusalem dan tiba di Betfage yang terletak di Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu, dan di situ kamu akan segera menemukan seekor keledai betina tertambat dan anaknya ada dekatnya. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah keduanya kepada-Ku. Dan jikalau ada orang menegor kamu, katakanlah: Tuhan memerlukannya. Ia akan segera mengembalikannya."

Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi: "Katakanlah kepada puteri Sion: Lihat, Rajamu datang kepadamu, Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda."

Maka pergilah murid-murid itu dan berbuat seperti yang ditugaskan Yesus kepada mereka. Mereka membawa keledai betina itu bersama anaknya, lalu mengalasinya dengan pakaian mereka dan Yesuspun naik ke atasnya. Orang banyak yang sangat besar jumlahnya menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang memotong ranting-ranting dari pohon-pohon dan menyebarkannya di jalan. Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya:

"Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!"

Dan ketika Ia masuk ke Yerusalem, gemparlah seluruh kota itu dan orang berkata: "Siapakah orang ini?" Dan orang banyak itu menyahut: "Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea."

(Catatan Lukas)


Dan setelah mengatakan semuanya itu Yesus mendahului mereka dan meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem. Ketika Ia telah dekat Betfage dan Betania, yang terletak di gunung yang bernama Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu: Pada waktu kamu masuk di situ, kamu akan mendapati seekor keledai muda tertambat, yang belum pernah ditunggangi orang. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah ke mari. Dan jika ada orang bertanya kepadamu: Mengapa kamu melepaskannya? jawablah begini: Tuhan memerlukannya." Lalu pergilah mereka yang disuruh itu, dan mereka mendapati segala sesuatu seperti yang telah dikatakan Yesus. Ketika mereka melepaskan keledai itu, berkatalah orang yang empunya keledai itu: "Mengapa kamu melepaskan keledai itu?" Kata mereka: "Tuhan memerlukannya." Mereka membawa keledai itu kepada Yesus, lalu mengalasinya dengan pakaian mereka dan menolong Yesus naik ke atasnya. Dan sementara Yesus mengendarai keledai itu mereka menghamparkan pakaiannya di jalan. Ketika Ia dekat Yerusalem, di tempat jalan menurun dari Bukit Zaitun, mulailah semua murid yang mengiringi Dia bergembira dan memuji Allah dengan suara nyaring oleh karena segala mujizat yang telah mereka lihat. Kata mereka:

"Diberkatilah Dia yang datang sebagai Raja dalam nama Tuhan, damai sejahtera di sorga dan kemuliaan di tempat yang mahatinggi!"

Beberapa orang Farisi yang turut dengan orang banyak itu berkata kepada Yesus: "Guru, tegorlah murid-murid-Mu itu." Jawab-Nya: "Aku berkata kepadamu: Jika mereka ini diam, maka batu ini akan berteriak."

(Catatan Yohanes)


Keesokan harinya ketika orang banyak yang datang merayakan pesta mendengar, bahwa Yesus sedang di tengah jalan menuju Yerusalem, mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Dia sambil berseru-seru:

"Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!"

Yesus menemukan seekor keledai muda lalu Ia naik ke atasnya, seperti ada tertulis: "Jangan takut, hai puteri Sion, lihatlah, Rajamu datang, duduk di atas seekor anak keledai."

Mula-mula murid-murid Yesus tidak mengerti akan hal itu, tetapi sesudah Yesus dimuliakan, teringatlah mereka, bahwa nas itu mengenai Dia, dan bahwa mereka telah melakukannya juga untuk Dia.

Orang banyak yang bersama-sama dengan Dia ketika Ia memanggil Lazarus keluar dari kubur dan membangkitkannya dari antara orang mati, memberi kesaksian tentang Dia. Sebab itu orang banyak itu pergi menyongsong Dia, karena mereka mendengar, bahwa Ia yang membuat mujizat itu. Maka kata orang-orang Farisi seorang kepada yang lain: "Kamu lihat sendiri, bahwa kamu sama sekali tidak berhasil, lihatlah, seluruh dunia datang mengikuti Dia."

Yesus menangisi Yerusalem

Dan ketika Yesus telah dekat dan melihat kota itu, Ia menangisinya, kata-Nya: "Wahai, betapa baiknya jika pada hari ini juga engkau mengerti apa yang perlu untuk damai sejahteramu! Tetapi sekarang hal itu tersembunyi bagi matamu. Sebab akan datang harinya, bahwa musuhmu akan mengelilingi engkau dengan kubu, lalu mengepung engkau dan menghimpit engkau dari segala jurusan, dan mereka akan membinasakan engkau beserta dengan pendudukmu dan pada tembokmu mereka tidak akan membiarkan satu batupun tinggal terletak di atas batu yang lain, karena engkau tidak mengetahui saat, bilamana Allah melawat engkau."

Yesus memberitakan kematian-Nya

Di antara mereka yang berangkat untuk beribadah pada hari raya itu, terdapat beberapa orang Yunani. Orang-orang itu pergi kepada Filipus, yang berasal dari Betsaida di Galilea, lalu berkata kepadanya: "Tuan, kami ingin bertemu dengan Yesus." Filipus pergi memberitahukannya kepada Andreas; Andreas dan Filipus menyampaikannya pula kepada Yesus. Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Telah tiba saatnya Anak Manusia dimuliakan. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah. Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal. Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa. Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini. Bapa, muliakanlah nama-Mu!" Maka terdengarlah suara dari sorga: "Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!" Orang banyak yang berdiri di situ dan mendengarkannya berkata, bahwa itu bunyi guntur. Ada pula yang berkata: "Seorang malaikat telah berbicara dengan Dia." Jawab Yesus: "Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu. Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar; dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku." Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati. Lalu jawab orang banyak itu: "Kami telah mendengar dari hukum Taurat, bahwa Mesias tetap hidup selama-lamanya; bagaimana mungkin Engkau mengatakan, bahwa Anak Manusia harus ditinggikan? Siapakah Anak Manusia itu?" Kata Yesus kepada mereka: "Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegelapan jangan menguasai kamu; barangsiapa berjalan dalam kegelapan, ia tidak tahu ke mana ia pergi. Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang."

Sesudah berkata demikian, Yesus pergi bersembunyi dari antara mereka.


Baca Firman Tuhan setiap hari!

Sebagai orang Kristen adalah sebuah keanehan jika tidak pernah sekalipun selesai membaca seluruh Alkitab dari Kejadian sampai Wahyu. Tetapi pada kenyataannya itulah yang terjadi pada sebagian besar dari orang Kristen.

Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil. (Mazmur 1:1-3)

Mari kita baca Alkitab setiap hari, Firman Tuhan menjamin bahwa hidup kita akan berubah.


Jadwal pembacaan Alkitab secara kronologis

Jadwal pembacaan Alkitab berikut ini berdasarkan kronologi atau urutan peristiwa yang terjadi dalam Alkitab sehingga pembaca akan lebih memahami apa yang sebenarnya terjadi. Jadi tidak selalu berdasarkan urutan susunan buku dalam Alkitab, namun seluruh bagian Alkitab akan selesai dibaca pada akhir tahun.


Jadwal baca Alkitab Oktober 2019

Tanggal Judul Ayat
2019100101 Oktober Yesus menyembuhkan orang-orang pada hari Sabat Yoh 5:1-47; Mrk 2:23-28; Mat 12:1-8; Luk 6:1-5; Mrk 3:1-6; Mat 12:9-14; Luk 6:6-11; Mat 12:15-21
2019100202 Oktober Khotbah Yesus di Bukit, Sabda Bahagia Mrk 3:7-19; Luk 6:12-16; Mat 5:1-12; Luk 6:17-26; Mat 5:13-48; Luk 6:27-36; Mat 6:1-4
2019100303 Oktober Khotbah di Bukit: Pengajaran-pengajaran Yesus Mat 6:5-7:6; Luk 6:37-42; Mat 7:7-20; Luk 6:43-45; Mat 7:21-29; Luk 6:46-49
2019100404 Oktober Pelayanan Yesus di daerah Galilea Mat 8:5-13; Luk 7:1-17; Mat 11:1-19; Luk 7:18-35; Mat 11:20-30; Luk 7:36-50
2019100505 Oktober Pelayanan-pelayanan Yesus, Perumpamaan tentang seorang penabur Luk 8:1-3; Mrk 3:20-30; Mat 12:22-45; Mrk 3:31-35; Mat 12:46-50; Luk 8:19-21; Mrk 4:1-20; Mat 13:1-23; Luk 8:4-15
2019100606 Oktober Perumpamaan-perumpamaan Yesus, Angin ribut diredakan Luk 8:16-18; Mrk 4:21-29; Mat 13:24-30; Mrk 4:30-34; Mat 13:31-52; Mrk 4:35-41; Mat 8:23-27; Luk 8:22-25
2019100707 Oktober Yesus mengusir roh jahat dari orang di Gerasa, membangkitkan anak Yarius dan menyembuhkan seorang perempuan yang sakit pendarahan Mrk 5:1-20; Mat 8:28-34; Luk 8:26-39; Mrk 5:21-43; Mat 9:18-26; Luk 8:40-56
2019100808 Oktober Yesus ditolak di Nazaret, Yesus mengutus kedua belas Rasul Mat 9:27-34; Mrk 6:1-6; Mat 13:53-58; Mat 9:35-38; Mrk 6:7-13; Mat 10:1-42; Luk 9:1-6
2019100909 Oktober Yohanes pembaptis dibunuh, Yesus memberi makan lima ribu orang, Yesus berjalan di atas air Luk 9:7-9; Mrk 6:14-29; Mat 14:1-21; Mrk 6:30-44; Luk 9:10-17; Yoh 6:1-15; Mrk 6:45-52; Mat 14:22-33; Yoh 6:16-21; Mrk 6:53-56; Mat 14:34-36
2019101010 Oktober Yesus Roti Hidup, Pengajaran mengenai perintah Allah dan adat istiadat Yahudi Yoh 6:22-71; Mrk 7:1-23; Mat 15:1-20
2019101111 Oktober Pelayanan Yesus di Tirus, Sidon, Dekapolis dan Galilea, Yesus memberi makan empat ribu orang Mrk 7:24-30; Mat 15:21-28; Mrk 7:31-37; Mat 15:29-31; Mrk 8:1-10; Mat 15:32-16:4; Mrk 8:11-21; Mat 16:5-12
2019101212 Oktober Pengakuan Petrus, Pemberitahuan pertama tentang penderitaan Yesus, Yesus di muliakan di atas gunung Mrk 8:22-30; Mat 16:13-20; Luk 9:18-20; Mrk 8:31-9:1; Mat 16:21-28; Luk 9:21-27; Mrk 9:2-13; Mat 17:1-13; Luk 9:28-36
2019101313 Oktober Yang terbesar di antara para murid, Pengajaran mengenai penyesatan, domba yang hilang dan pengampunan Mrk 9:14-29; Mat 17:14-21; Luk 9:37-43; Mrk 9:30-32; Mat 17:22-23; Luk 9:43-45; Mat 17:24-27; Mrk 9:33-37; Mat 18:1-6; Luk 9:46-48; Mrk 9:38-41; Luk 9:49-50; Mrk 9:42-50; Mat 18:7-35
2019101414 Oktober Yesus pergi ke Yerusalem untuk hari raya Pondok Daun Yoh 7:1-9; Luk 9:51-56; Mat 8:18-22; Luk 9:57-62; Yoh 7:10-8:20
2019101515 Oktober Yesus mengutus tujuh puluh murid-Nya, Maria dan Marta, Hal berdoa Yoh 8:21-59; Luk 10:1-11:13
2019101616 Oktober Pengajaran-pengajaran Yesus (1) Luk 11:14-12:34
2019101717 Oktober Pengajaran-pengajaran Yesus (2) Luk 12:35-13:21; Yoh 9:1-41
2019101818 Oktober Pengajaran-pengajaran Yesus (3) Yoh 10:1-42; Luk 13:22-14:24
2019101919 Oktober Perumpamaan-perumpamaan Yesus, Lazarus dibangkitkan Luk 14:25-17:10; Yoh 11:1-44
2019102020 Oktober Persepakatan untuk membunuh Yesus, Kesepuluh orang kusta Yoh 11:45-57; Luk 17:11-18:8
2019102121 Oktober Hal perceraian, Orang kaya sukar masuk Kerajaan Allah, Upah mengikut Yesus Luk 18:9-14; Mrk 10:1-12; Mat 19:1-12; Mrk 10:13-16; Mat 19:13-15; Luk 18:15-17; Mrk 10:17-31; Mat 19:16-30; Luk 18:18-30
2019102222 Oktober Yesus menyembuhkan Bartimeus yang Buta, Zakheus bertobat Mat 20:1-16; Mrk 10:32-34; Mat 20:17-19; Luk 18:31-34; Mrk 10:35-45; Mat 20:20-34; Mrk 10:46-52; Luk 18:35-19:27
2019102323 Oktober Yesus diurapi, dielu-elukan di Yerusalem Mrk 14:3-9; Mat 26:6-13; Yoh 12:1-11; Mrk 11:1-11; Mat 21:1-11; Luk 19:28-40; Yoh 12:12-19; Luk 19:41-44; Yoh 12:20-36
2019102424 Oktober Yesus mengutuk pohon ara dan menyucikan Bait Allah Yoh 12:37-50; Mrk 11:12-14; Mat 21:18-22; Mrk 11:15-19; Mat 21:12-17; Luk 19:45-48; Mrk 11:20-33; Mat 21:23-27; Luk 20:1-8
2019102525 Oktober Tentang membayar pajak kepada Kaisar, Pertanyaan orang Saduki tentang kebangkitan Mat 21:28-32; Mrk 12:1-12; Mat 21:33-46; Luk 20:9-19; Mat 22:1-14; Mrk 12:13-17; Mat 22:15-22; Luk 20:20-26; Mrk 12:18-27; Mat 22:23-33; Luk 20:27-40
2019102626 Oktober Pengajaran Yesus mengenai hukum yang terutama, Yesus mengecam ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi Mrk 12:28-34; Mat 22:34-40; Mrk 12:35-37; Mat 22:41-46; Luk 20:41-44; Mrk 12:38-40; Mat 23:1-12; Luk 20:45-47; Mat 23:13-39; Mrk 12:41-44; Luk 21:1-4
2019102727 Oktober Nubuatan Tuhan Yesus, Bait Allah akan diruntuhkan, mesias-mesias palsu, perumpamaan tentang pohon ara Mrk 13:1-23; Mat 24:1-25; Luk 21:5-24; Mrk 13:24-31; Mat 24:26-35; Luk 21:25-33
2019102828 Oktober Nasihat supaya berjaga-jaga, Perumpamaan gadis-gadis yang bijaksana dan gadis-gadis yang bodoh Mrk 13:32-37; Mat 24:36-51; Luk 21:34-38; Mat 25:1-46
2019102929 Oktober Yudas mengkhianati Yesus, Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya, Perjamuan Malam Terakhir Mrk 14:1-2; Mat 26:1-5; Luk 22:1-2; Mrk 14:10-11; Mat 26:14-16; Luk 22:3-6; Mrk 14:12-16; Mat 26:17-19; Luk 22:7-13; Yoh 13:1-20; Mrk 14:17-26; Mat 26:20-30; Luk 22:14-30; Yoh 13:18-30
2019103030 Oktober Yesus memperingatkan Petrus, Janji rumah Bapa dan datangnya Penghibur Yoh 13:31-38; Mrk 14:27-31; Mat 26:31-35; Luk 22:31-38; Yoh 14:1-15:17
2019103131 Oktober Doa Yesus untuk murid-murid-Nya Yoh 15:18-17:26

Lihat pula