Tuhan mencari buah

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Tuhan mencari buah
Logo Cool.png
Suplemen Diskusi COOL
PeriodeOktober 2010
MingguII (2010-40)
Sebelumnya
    Selanjutnya
      Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya supaya ia lebih banyak berbuah.” (Yohanes 15:2)

      Seperti apa yang dikatakan Gembala Pembina bahwa Tuhan sedang mencari buah. Buah yang diharapkan dalam konteks ayat ini bukan buah jiwa-jiwa, bukan buah pelayanan, tetapi seperti apa yang ditekankan oleh Gembala bahwa hari-hari ini ada 3K yang harus diperhatikan yaitu “Karakter, Komitmen dan Kompetensi”. Apa yang dinginkan Tuhan dalam ayat di atas adalah buah karakter (buah Roh) yang merupakan karakter Kristus.

      Persekutuan dengan Kristus yang digambarkan seperti ranting yang tinggal pada pokok anggur, haruslah menghasilkan buah seperti pokoknya. Ini yang sedang dicari oleh Tuhan Yesus yaitu buah karakter Diri-Nya dalam diri kita, apakah ada atau tidak ada?

      Beberapa cara yang dilakukan untuk bisa menghasilkan buah:

      1. Tinggal dalam Kristus dan Kristus tinggal dalam kita (Yohanes 15:4-5)

      Membuat kita tinggal dalam Kristus dan Kristus tinggal dalam kita tidak semudah dan selancar jika kita membaca ayat tersebut ; ada banyak hal yang menjadi pertentangan dan perbedaan tentang keinginan dan kemauan Kristus dengan diri kita. Pikiran, perasaan, kehendak, perkataan, perbuatan dan reaksi kita sering kali sangat bertentangan dengan keinginan Kristus. Jika kita sedang menghadapi persoalan, penghinaan bahkan perlakuan yang tidak kita harapkan maka reaksi dan respons kita tidak sesuai dengan keinginan Kristus.
      Seharusnya kalau kita menyadari bahwa kita tinggal di dalam Kristus, maka reaksi dan respons kita adalah Kristus yang nampak dan muncul keluar --bukan karakter diri kita. Jika kita di dalam Kristus maka yang kelihatan adalah Kristus dengan karakter-Nya. Bagian kita adalah meredam dan menghancurkan sifat dan sikap yang berseberangan dengan karakter Kristus (buah roh).

      2. Rela untuk dilukai (Matius 5:11)

      Cara tradisional sebuah pohon mangga agar lebih banyak lagi menghasilkan buah adalah dengan sang pemilik melukai batang tubuh pohon mangga, maka dampaknya akan menghasilkan buah yang lebih banyak, walaupun kadang kita tidak mengerti hubungannya antara dilukai dengan berbuah lebih banyak.
      Terkadang ALLAH mengizinkan suatu peristiwa, kejadian dan perkataan yang melukai hati, perasaan, jiwa dan fisik kita. Jika kita merespon dengan benar sesuai dengan firman-Nya, maka tanpa kita sadari itu juga bisa dipakai ALLAH untuk membuat kita lebih berbuah lagi dalam hidup dan pelayanan kita, buah yang manis dan matang dalam kehidupan rohani.
      Keadaan dan perlakuan yang kita terima dengan sikap berbahagia membuat kita akan mengalami perubahan dalam karakter kita untuk menjadi lebih sabar, lebih lemah lembut, lebih dewasa dan membuat Tuhan Yesus menjadi senang melihat hidup kita.

      Peneguhan

      Hari-hari ini Tuhan sedang mencari buah yang manis, matang, benar dan sesuai dengan keinginan-Nya melalui diri kita. Biarlah setiap anggota COOL didapati oleh Tuhan menghasilkan buah yang makin indah dan manis sesuai dengan karakter Kristus. Tetap tinggal dalam Kristus dan membuat Kristus nyaman tinggal dalam kita, serta kerelaan untuk mengalami keadaan dilukai oleh karena kebenaran membuat kita menghasilkan buah yang matang bagi Kristus. Berbuahlah sebanyak mungkin bagi Kristus, itu yang sedang dinantikan dari diri kita.

      Sumber