Materi COOL Wanita/2014-02

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Hamba yang berjaga-jaga
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeDesember 2013
MingguV (2014-01)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang... Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu ketika tuannya itu datang." (Lukas 12:37a, 43)
    Kedatangan Tuhan Yesus untuk kedua kalinya sudah amat dekat. Beberapa hal yang harus kita lakukan di dalam mempersiapkan diri kita adalah kita harus menjadi Hamba yang setia, Melipatgandakan Talenta, Menjadi seperti 5 Gadis yang Bijaksana. Hamba yang setia adalah mereka yang setia melakukan apa yang Tuhan perintahkan kepada mereka dan yang berjaga-jaga. Pesan Tuhan mengenai berjaga-jaga, hari-hari ini menjadi sangat kuat oleh karena kita sekarang sudah berada di akhir dari akhir zaman.

    Isi

    Tentu kita semua ingin di dapati oleh Tuhan sebagai Hamba yang setia yaitu Hamba yang berjaga-jaga. Terhadap apa kita harus berjaga-jaga? Ada banyak hal yang perlu diperhatikan!

    1. Berjaga-jaga atas kehidupan pribadi dan iman kita (1 Korintus 16:13-14)
    2. Hamba yang setia juga adalah hamba yang menjaga kehidupan pribadinya benar di hadapan Tuhan dan menjaga Imannya. Berita mengenai kedatangan Tuhan Yesus untuk kedua kali memang telah lama didengungkan dan selama masa penantian ini beberapa orang telah menjadi skeptik dan pesimis yang pada akhirnya berakibat tidak menjaga kehidupan pribadinya dan lemah imannya. Mengenai hal ini para Rasul memberikan peringatannya. Dalam 2 Petrus 3:10-11, "Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap. Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup."
    3. Berjaga-jaga atas wilayah di mana Tuhan tempatkan kita. (Yehezkiel 33:7-9)
    4. Tidak ada yang namanya kebetulan. Di mana Tuhan menempatkan kita, artinya di situlah menjadi tugas dan kehormatan bagi kita untuk menjadi penjaga atasnya. Hari-hari ini janganlah kita lalai tidak mendoakan negara kita, bangsa kita, kota kita dan RT/RW. Jika ada suatu peringatan yang kita terima bahwa akan ada sesuatu terjadi atas negara/kota di mana kita ditempatkan Tuhan, maka sebagai Penjaga-penjaga kita wajib untuk memperingatkan dan mendoakan negara/kota kita. Tetap laksanakan Prayer March dengan sungguh-sungguh dan konsisten. Nyatakan kemuliaan Tuhan, nyatakan Shalom (damai sejahtera) Tuhan di setiap daerah-daerah yang kita doakan dan tolaklah api asing yang hendak mengacaukan negara/kota kita. Bacalah kedua ayat di atas sekali lagi. Ketika anak-anak Tuhan secara unity berdoa dan berjaga-jaga, maka serangan jahat dapat dielakkan. Amin.
    5. Berjaga-jaga dalam melakukan tugas pelayanan (2 Timotius 4:1-5)
    6. Hindari ajaran-ajaran yang menyesatkan yang banyak terjadi di lingkungan kita saat ini, bertekunlah baca Firman Tuhan agar kita tidak tersesat, saling menegur dan saling mengasihi.

    Penutup

    Para Wanita Allah! Berdoa demi segala sesuatu di luar kita, siapa saja bisa melakukannya. Tetapi bagaimana dengan diri kita sendiri? Apakah kita berjaga-jaga atas kelakuan, perbuatan, gaya hidup pribadi kita? Teguhkah dan berakar kuatkah iman kita kepada Tuhan Yesus? Berjaga-jagalah atas hidup dan iman kita, pastikanlah hidup kita ini senantiasa di dalam jalan, tuntunan dan kepenuhan dari Roh Kudus, karena dengan kekuatan kita sendiri kita tidak akan pernah bisa sanggup, tetapi bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Kekuatan berasal daripada-Nya, bagian kita adalah berjaga-jaga.