Waktunya untuk berdampak

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Waktunya untuk berdampak
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeJuni 2012
MingguIII (2012-25)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkan tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi (Yesaya 54:2-3)

    Pendahuluan

    Jika ada waktu yang tepat untuk COOL memberi dampak yang luar biasa, maka sekarang waktunya. Inilah waktunya kita berpikir luas dan besar (think big) bagaimana COOL dapat bergerak keluar (spread out) agar lebih banyak jiwa-jiwa (growing family) yang melihat, mendengar, dan merasakan kasih-kuasa Tuhan Yesus. Ini waktunya untuk berdampak bagi dunia sehingga banyak orang, suku-suku, dan bangsa-bangsa memuliakan nama TUHAN!

    Pesan dari Gembala Jemaat/Pembina kita, Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo, bahwa inilah waktunya COOL bergerak ke marketplace dan mengambil peran aktif dalam menyebarkan kasih-kuasa TUHAN dan turut dalam penuaian jiwa-jiwa. COOL bergerak dalam kesatuan hati (unity) dan bertumbuh bersama (grow) untuk memenangkan jiwa-jiwa (winning souls).

    Pergerakan COOL haruslah sesuai dengan apa yang TUHAN mau, dan itu bisa saja dilakukan dalam paradigma dan cara baru yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Tetapi percayalah, rencana dan kehendak TUHAN pasti yang terbaik. Jangkauan marketplace sebenarnya sangat luas, tetapi bisa disederhanakan dengan ABCDEFG (Arts dan media, Business, Church dan religion, Development of the poor, Education, Family, Government dan politics). Mulailah berdoa minta hikmat TUHAN bagaimana COOL Anda dapat bergerak menjangkau marketplace.

    Isi

    Berikut beberapa ide yang dapat COOL lakukan untuk berdampak. Tentu minta hikmat TUHAN dan duduk bersama para anggota COOL anda untuk membicarakannya.

    1. Melayani gereja-gereja yang membutuhkan
    2. Perhatikanlah apakah ada gereja-gereja di sekitar Anda yang sedang dalam keadaan membutuhkan. Pikirkanlah bagaimana COOL dapat membantu mereka. Mungkin ada program diakonia yang dapat Anda bantu, atau Anda mensponsori Gembala untuk mengikuti seminar, diklat, atau event lainnya yang pasti akan sangat membantu wawasan dan kemampuan penggembalaannya. Anda juga dapat memberikan bantuan buku-buku rohani yang baik kepadanya. Ada banyak cara bisa COOL ada lakukan untuk membantu saudara-saudara seiman kita ini.
    3. Pelayanan di sekolah-sekolah
    4. Tidakkah kita concern dengan derasnya arus narsisisme, gay/lesbian, pemberontakan, dan sebagainya yang sekarang merajalela diantara generasi muda? Berdoa dan pikirkanlah bagaimana Anda dapat menjangkau generasi muda melalui sekolah-sekolah mereka. Manfaatkan hubungan baik Anda dengan para guru atau POMG, dan cari jalan agar kegiatan seperti Raising The Standard (RTS) atau Healing Movement Camp dapat dilakukan pada saat liburan sekolah.
    5. Kunjungan-kunjungan dan pelayanan diakonia
    6. Kegiatan kunjungan ke panti-panti mungkin pernah dilakukan oleh COOL Anda. Mungkin ada baiknya menjadikan kegiatan semacam ini sebagai agenda berkala dari COOL Anda. Ada banyak jenis panti yang dapat dikunjungi dan dilayani: panti asuhan, panti jompo, panti tuna waras, panti rehabilitasi, dan sebagainya. COOL juga dapat melakukan berbagai kegiatan diakonia seperti membuka dapur umum, bazaar murah, klinik gratis, dan lain-lainnya. Ajak juga COOL lain untuk melakukannya bersama-sama dengan Anda.

    Proyek ketaatan

    Mengkritik dan berkeluh kesah atas keadaan sehari-hari adalah umum bagi orang banyak. Tetapi bagian kita sebagai orang percaya adalah terus mendoakan agar damai sejahtera-Nya melingkupi kota kita, negara-bangsa kita, dan bahkan seluruh bumi.

    Sekali lagi, inilah waktunya COOL Anda untuk berdampak!

    Tuhan Yesus pasti selalu memberkati dan menambah-nambahkan hikmat COOL Anda dalam Tahun Perkenanan Tuhan ini.

    Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkan tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi (Yesaya 54:2-3) Jika ada waktu yang tepat untuk COOL memberi dampak yang luar biasa, maka sekarang waktunya.