Ayin Beth

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Ayin Beth
Logo Cool.png
Materi COOL Umum
PeriodeOktober 2011
MingguI (2011-40)
Sebelumnya
Selanjutnya
Unduh PDF
Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, -dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu! (1 Korintus 6:19-20)

Pendahuluan

Pada tanggal 28 September 2011 pukul 6 sore, kalender Yahudi akan berubah dari tahun 5771 menjadi tahun 5772, dan akan berakhir pada 16 September 2012 sore. Tahun 5771 disebut dengan tahun Ayin Aleph sedangkan tahun 5772 disebut tahun Ayin Beth, di mana Ayin berarti 70 dan Beth berarti 2.

Isi dan sharing

Perubahan tahun ini memberikan pemahaman secara rohani bagi kita. Gembala Pembina kita, Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo, menyampaikan bahwa Ayin Beth memiliki makna:

  1. Ayin
    Selama beberapa tahun ini Tuhan sudah mengungkapkan kepada kita mengenai angka 70 yang secara profetik berbicara mengenai mata, yaitu mata Tuhan dan mata kita.
    Mazmur 32:8, Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu.
    Mata Tuhan tertuju kepada kita dan Dia akan mengajar dan menunjukkan jalan yang harus kita tempuh. Dia mau menuntun dan memberi nasehat kepada kita.
    Ada begitu banyak orang yang tidak tahu apa yang harus dilakukan dalam keadaan dunia sekarang ini. Tapi janji Tuhan bagi kita semua adalah, mata Tuhan tertuju kepada kita dan Tuhan mau menuntun, mengajar, dan menunjukkan jalan apa yang harus kita tempuh. Tapi untuk itu ada syaratnya, yaitu mata kita harus senantiasa tertuju kepada Dia. Tidak ada lagi yang namanya "mata keranjang" atau "mata duitan", tetapi mata kita senantiasa tertuju kepada Dia.
  2. Beth
    Secara profetik, Beth artinya bait atau rumah. Tuhan memberikan pesan kepada kita mengenai rumah ini melalui 1 Korintus 6:19-20.
    Waktu kita percaya dan mengaku dengan mulut bahwa Yesus adalah Tuhan, maka Roh Kudus masuk ke dalam hati kita. Firman Tuhan katakan tubuh ini adalah bait Roh Kudus dan tubuh ini bukan milik kita sendiri, sudah dibeli dan harganya sudah lunas dibayar!
    Dibeli dari siapa? Sebelum mengenal Tuhan Yesus dan percaya kepada-Nya, tubuh kita adalah milik Iblis. Tapi saat kita percaya dan mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan, maka Tuhan Yesus telah membeli diri kita dengan darah-Nya. Di dalam darah ada nyawa, artinya Tuhan Yesus memberikan nyawa-Nya sendiri untuk membeli kita menjadi milik-Nya.

Kesimpulan dan saling mendoakan

Firman Tuhan katakan, muliakanlah Allah dengan tubuhmu! Setiap bagian tubuh kita adalah milik Tuhan Yesus dan tujuan hidup kita adalah untuk memuliakan nama Tuhan.

Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! (Roma 11:36)