Pencurahan Roh Kudus menjelang kedatangan Yesus (Khotbah Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo)

Dari GBI Danau Bogor Raya

Langsung ke: navigasi, cari
Pencurahan Roh Kudus menjelang kedatangan Yesus
20100605 Niko Njotorahardjo-3x4.jpg

Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo

Ringkasan Khotbah
KebaktianIbadah Raya
TanggalMinggu, 4 Juli 2010
GerejaGBI Jalan Gatot Subroto
TempatJCC Senayan
KotaJakarta

Jemaat yang dikasihi Tuhan, awal tahun 2009 Tuhan berbicara sangat kuat melalui Wahyu 3:11, “Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu.”

Sejak saat itu setiap kali memberitakan Firman Tuhan saya selalu disuruh oleh Tuhan memperkatakan tentang “Aku datang segera!”

Daftar isi

Yesus segera datang

Apa yang kita lihat hari-hari ini, menjelaskan bahwa kedatangan-Nya sudah semakin dekat. Yang terakhir adalah berita di internet tentang seorang yang bernama Ricardo Cid yang dibawa naik ke sorga selama 8 jam. Dan yang kita tangkap dari kisah itu merupakan pesan bagi kita, yaitu:

  1. Waktunya sudah sangat singkat
  2. Ketika Ricardo bertemu dengan Tuhan; ia bertanya, “Tuhan, kedatangan Tuhan selalu dihubungkan dengan jam 12 malam, kalau boleh tahu, Tuhan ... tinggal berapa menit lagi untuk jam 12 malam?” Pada waktu itu Tuhan hanya mendekatkan jari telunjuk dengan ibu jari-Nya dan berkata, “Waktunya tinggal sedikit. Jadi waktu yang sisa ini sebenarnya adalah waktu kemurahan Bapa. Hendaklah kamu hidup kudus. Kuduslah kamu sebab Aku kudus, tanpa kekudusan tidak seorang pun yang melihat Tuhan.”

    Apakah Saudara mau bertemu muka dengan muka dengan Tuhan? Hiduplah kudus! Itulah pesan Tuhan hari-hari ini.

  3. Setialah mengembalikan milik Tuhan
  4. Pada waktu itu Tuhan juga memperingatkan kepada pencuri-pencuri persepuluhan dan persembahan khusus yang seharusnya adalah milik-Nya Tuhan. DIA berkata, “Katakan kepada mereka, jangan jadi pencuri!”

  5. Banyak hamba Tuhan dan anak Tuhan yang tertinggal
  6. Pada waktu itu Tuhan memperlihatkan kepada Ricardo tentang adanya pemimpin paduan suara dan pendeta-pendeta yang sedang kebingungan karena ‘kehilangan’ dan mencari-cari jemaatnya, dan akhirnya menyadari bahwa ‘rapture’ sudah terjadi.

    Selanjutnya para pendeta itu didatangi oleh jemaatnya; dimarahi, dipukul dan dijambak rambutnya oleh jemaat yang tertinggal tersebut. Mereka berteriak-teriak seperti kesetanan dan mereka berkata, “Gara-gara kamu tidak pernah memberitakan tentang kedatangan Tuhan, kami ketinggalan!....kami ketinggalan!”

    Saya berkata kepada Tuhan, “Tuhan, saya tidak akan diperlakukan seperti itu karena saya memberitakan kedatangan-Mu terus.”

    Kalau kita mendengar tentang “Aku datang segera!”, jangan berspekulasi tentang hari dan jamnya, sebab bukan itu yang dimaksudkan Tuhan. Tetapi yang paling penting bagaimana kita mempersiapkan diri kita. Amin!

Saudara yang dikasihi Tuhan, hal-hal seperti itulah yang sedang muncul di mana-mana, tetapi yang saya mau sampaikan kepada Saudara adalah; kisah Ricardo Cid sebenarnya kapan terjadinya? Ternyata itu terjadi pada 14 tahun yang lalu dan kisah tentang anak perempuan yang lahir di Itaguai itu terjadi pada tahun 2007. Waktu kedua hal ini terjadi, itu tidak pernah di-expose. Tetapi hari-hari ini, tiba-tiba semuanya muncul sebagai suatu kekuatan dan suatu peringatan yang luar biasa kepada dunia.

Memang kalau kita berbicara tentang kedatangan Tuhan Yesus, itu sudah tertulis di Alkitab sejak 2.000 tahun yang lalu, namun peristiwa-peristiwa seperti itu sekarang mulai bermunculan dan saya tahu bahwa itu cara-Nya Tuhan untuk memberitakan kepada umat-Nya dan kepada dunia bahwa “Aku datang segera! Percayakah engkau akan hal ini? Percayakah engkau akan hal ini?” Amin!

Pencurahan Roh Kudus di akhir jaman

Pada bulan Mei 2009 setelah peringatan hari Pentakosta atau hari pencurahan Roh Kudus, Tuhan memberikan pesan yang sangat kuat dan saya akan mengulanginya lagi hari ini; “Aku akan mencurahkan Roh-Ku dan akan ada tiga tanda pada waktu Roh Kudus dicurahkan seperti yang tertulis dalam Yoel 2:28-32”:

  1. Semua orang percaya akan dipakai Tuhan
  2. Yoel 2:28-29 berkata, “Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan. Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.”

    Bukahkah hal itu sedang terjadi hari-hari ini? Mulai dari anak-anak kecil, teruna, pemuda, orang tua, kakek-nenek, semua dipakai Tuhan. Amin!

    Tuhan berpesan, “Biarlah roh, jiwa dan tubuhmu sehat!” - supaya dipakai Tuhan hari-hari ini!.

  3. Akan terjadi mujizat-mujizat yang menakutkan
  4. Yoel 2:30-31 berkata, “Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di langit dan di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap. Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dahsyat itu.”

    Itu adalah goncangan-goncangan, baik dari alam, ekonomi dan apa saja. Bukahkah sejak tahun 2009 sampai dengan hari ini kita sudah melihat hal-hal yang seperti itu sedang terjadi?

    Ibu Cindy Jacob mendapatkan sesuatu yang juga saya amin-kan, yaitu daerah-daerah yang akan dilawat oleh Roh Kudus selalu diberi tanda-tanda atau goncangan-goncangan. Setelah itu akan terjadi kegerakan yang luar biasa seperti apa yang terjadi pada tanda yang ketiga. Jadi melalui tanda yang pertama dan kedua, maka tanda yang ketiga adalah:

  5. Akan terjadi pertobatan yang luar biasa
  6. Yoel 2:32 berkata, “Dan barangsiapa yang berseru kepada nama TUHAN akan diselamatkan...” Haleluya!

Tahun 2010, setelah hari Pentakosta, Tuhan Yesus memberikan satu pesan yang saya katakan bukan hanya sangat kuat, tetapi sangat ... sangat ... sangat kuat!

Tuhan Yesus berkata, “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Dan pesan itu bukan hanya untuk murid-murid-Nya pada waktu itu, tetapi juga kepada Saudara dan saya. Roh Kudus sedang dicurahkan hari-hari ini! Dia akan memenuhi Saudara dan saya! Dia akan memberikan kuasa supaya kita menjadi saksi Yesus!

Cindy Jacob juga berkata bahwa setelah hari ini Tuhan berkata kepadanya, “Akan terjadi peristiwa seperti gereja mula-mula, yaitu Pentakosta baru!”

Saya baru kembali dari Amerika, Canada dan Hong Kong. Di Hong Kong ada Chinese Convocation di mana salah satu pembicaranya adalah Ibu Yonggi Cho, istri dari Ps. Yonggi Cho. Saya dipertemukan dengan Ibu Yonggi Cho dan kami saling berbincang-bincang. Dan kami bertanya kepada mereka, “Apa yang Anda dapatkan untuk tahun-tahun ke depan?” Ternyata jawabannya membuat ‘surprise’ kita karena mereka berkata, “Kita mendapatkan bahwa akan terjadi pencurahan Roh Kudus seperti yang terjadi pada gereja mula-mula! Akan ada kelaparan dan kehausan rohani!” Haleluya!

Dampak pencurahan Roh Kudus

Kepada saya, Tuhan berkata, “Kamu akan melihat 3 tanda seperti yang terjadi pada gereja mula-mula!” Dan 3 tanda seperti yang terjadi pada gereja mula-mula adalah:

  1. Khotbah singkat Petrus membuat 3000 jiwa bertobat
  2. Dalam Kisah Para Rasul Pasal 2, Petrus berkhotbah kurang dari 5 menit, lalu 3.000 orang yang bertobat. Itu terjadi pada 2.000 tahun yang lalu, dan Tuhan berkata, “Kamu akan melihat, dengan khotbah tidak panjang-panjang, akan ada jutaan orang yang bertobat!” Amin!

    Hari-hari ini akan terjadi sesuatu yang luar biasa dan kita juga diberi kesempatan oleh Tuhan melalui pelayanan di televisi, yaitu di ANTV setiap Sabtu jam 11 siang. Saya mendengar berita bahwa banyak orang yang dijamah oleh Tuhan dan banyak yang bertobat! Saya percaya itu akan terjadi lebih dahsyat lagi!

  3. Terjadinya “signs and wonders” (tanda-tanda dan mujizat)
  4. 2.000 tahun yang lalu Rasul-Rasul dipakai oleh Tuhan dengan luar biasa untuk menyatakan kuasa Tuhan. Gereja kita juga dipakai oleh Tuhan sejak 4 tahun yang lalu dalam “signs and wonders” , terutama dalam pelayanan ‘healing’.

    Saya sudah 142 kali melayani KKR di tempat-tempat yang Tuhan tetapkan dan besok lusa saya mulai bekeliling lagi ke Jawa Tengah, Lampung dan ke tempat-tempat lainnya. Dan saya sudah melihat dengan mata sendiri ribuan orang sakit yang disembuhkan seketika oleh Tuhan. Yang buta melihat, yang lumpuh berjalan, yang tuli mendengar, kanker dan tumor hilang seketika dan apa yang tidak bisa disembuhkan oleh ilmu kedokteran; Tuhan Yesus bisa sembuhkan! Haleluya!

    Tetapi apa yang Tuhan katakan kepada saya? Tuhan berkata, “Kamu baru melihat permulaannya saja!” Saya sangat kaget dan berkata, “Itu baru permulaannya?” dan Tuhan menjawab, “Ya, kamu hanya melihat permulaannya saja, tetapi sebentar lagi kamu akan melihat yang lebih dahsyat dan bukan kamu serta beberapa gelintir orang yang akan dipakai, tetapi nanti jemaatmu dan anak-anakmu juga akan dipakai!” dan itu artinya Saudara semua yang akan dipakai Tuhan secara luar biasa! Haleluya!!!

  5. Tuhan memberikan “Roh Memberi”
  6. Saya sangat suka dengan firman Tuhan dalam Kisah 4:34, “... Sebab tidak ada seorangpun yang berkekurangan di antara mereka; ...”

    Pada waktu itu orang yang berkelebihan menjual tanah atau rumahnya lalu menyerahkan hasilnya di bawah kaki Rasul-Rasul untuk dibagi-bagikan kepada mereka yang berkekurangan. Firman Tuhan berkata, “Berilah, maka kamu akan diberi ...”

    Tuhan Yesus akan membalas dengan berkelimpahan setiap pemberian yang dilakukan dengan motivasi yang benar; jadi jangan menjadi “Ananias dan Safira”! Mereka kelihatannya seolah-olah memberi, padahal mereka sedang menipu Roh Kudus. Biarlah dengan tulus kita memberi kepada Tuhan dan Saudara akan melihat penggenapan janji Tuhan tersebut. Hari-hari ini pengurapan belas kasihan Tuhan Yesus sedang turun. Banyak anak-anak Tuhan hari-hari ini yang tidak tahan kalau tidak memberi kepada orang miskin. Dan itulah “roh memberi” yang dari Tuhan!

    Dunia akan melihat bahwa anak-anak Tuhan begitu luar biasa dan Saudara jangan takut, sebab Saudara tidak akan kekurangan suatu apa pun, sebab setiap orang yang memberi berlimpah-limpah justru akan diberi berlimpah-limpah-limpah!

Menjadi saksi Kristus

Saudara, 3 hal yang saya sampaikan tadi, Tuhan katakan akan terjadi secara luar biasa, tetapi yang Tuhan mau buat Saudara dan saya adalah menjadi saksi Yesus.

  1. Dipenuhi dengan Roh Kudus – Kisah 2
  2. Kita akan menjadi saksi Yesus kalau Roh Kudus turun atas kita dan memberikan kuasaNya. Apa yang menjadi tandanya?

    1. Lidah-lidah seperti nyala api
    2. “Api” turun ke atas kita semua dan membakar kotoran-kotoran atau segala yang tidak benar dalam kita. Biarlah kita dibakar dan dibersihkan oleh Tuhan supaya kita bisa menjadi saksi-Nya.

    3. Suara gemuruh seperti tiupan angin keras
    4. Angin itu tidak diketahui datangnya dari mana tetapi kita tahu arahnya. Jadi, setelah kita dibersihkan Dia akan memberikan arahan kepada kita.

    5. Setelah itu mereka berkata-kata dalam bahasa roh
    6. Barulah setelah itu mereka menjadi saksi Yesus dan ketiga tanda dalam gereja mula-mula pun terjadi. Siapkah Saudara akan hal ini? Amin! Saya percaya inilah yang sedang terjadi pada kita sebagai saksi-saksi Yesus.

  3. Pergi menghasilkan buah – Yohanes 15:16
  4. Tuhan Yesus berkata, “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.”

    Alkitab katakan; bukan kita yang memilih Dia, tetapi Dialah yang memilih kita. Malah Alkitab berkata bahwa kita dipilih sejak dalam kandungan! Kita dipilih sejak sebelum dunia dijadikan! Sadarkah Saudara, betapa berharganya kita di mata Tuhan? Orang pilihan itu luar biasa! Dan kita yang sudah dipilih ini sudah ditetapkan oleh Tuhan Yesus untuk:

    1. Pergi, artinya:
      • Jadikan semua bangsa murid-Ku
      • Berdampaklah terhadap lingkunganmu
      Yeremia 29:7 berkata, 'Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang (tinggal), dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.
      • Penuhi dunia usaha (market-place) dengan prinsip-prinsip Kerajaan Allah

      Sebagian besar dari waktu yang Tuhan berikan, kita lalui di dunia usaha atau market-place! Penuhi market-place atau dunia usaha dengan prinsip-prinsip Kerajaan Allah! Praktek KKN, penekanan, pemaksaan, dan sebagainya bukanlah prinsip Kerajaan Allah. Mungkin orang dunia melakukan hal-hal itu, tetapi kita tidak boleh dan jangan melakukan hal-hal seperti itu! Kalau Saudara ikut-ikutan, itu namanya bukan Pergi.

    2. Berbuah
    3. Dalam Alkitab ada 5 macam buah, yaitu:

      • Buah pekerjaan yang baik
      Kolose 1:10, “sehingga hidupmu layak di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah,” Artinya, menjadi berkat bagi orang lain.
      • Buah untuk hidup yang kekal
      Yohanes 4:36, “Sekarang juga penuai telah menerima upahnya dan ia mengumpulkan buah untuk hidup yang kekal, sehingga penabur dan penuai sama-sama bersukacita.” Artinya, jiwa-jiwa yang dimenangkan untuk Tuhan Yesus.
      • Buah-buah kebenaran
      2 Korintus 9:10 , “Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu;” Artinya, memperhatikan orang-orang miskin dengan dasar belas kasihan Tuhan Yesus.
      • Buah-buah yang sesuai pertobatan
      Matius 3:8, “Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan.”
      Artinya, perubahan pola hidup setelah bertobat. Misalkan, kalau dulu suka main judi, setelah bertobat dia berhenti. Kalau dulu merokok, maka setelah bertobat berhenti merokok. Tetapi jangan sampai seperti ini, di mana dulu saya pernah dengar ada yang bersaksi demikian, “Saudara-saudara, puji Tuhan, dulu sebelum bertobat saya merokok 3 pak, tetapi puji Tuhan setelah bertobat jadi 1½ pak!” Bukan seperti itu, seharusnya sepenuhnya berhenti merokok!
      • 5 buah Roh
      Ke empat buah di atas sebenarnya terhisap dalam Buah Roh ini. Kalau Saudara memiliki Buah Roh maka ke empat buah tadi pasti sudah Saudara lakukan juga.
      Galatia 5:22–23, “Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.” Sembilan Buah Roh ini adalah yang kita sebut dengan Karakter dan ini merupakan Karakter-Nya Tuhan Yesus!

Saudara dan saya sedang dibawa ke sini! Karakter tidak sama dengan kepribadian. Jadi, jika pembawaan seseorang yang ‘berangasan’, lalu dipaksa berubah menjadi lemah-lembut, tentu tidak mudah sebab memang pembawaannya seperti itu. Tetapi yang dimaksud di sini adalah tentang karakter dan karakter itu bisa berubah karena Roh Kudus yang mengubahnya.

Di Lancaster, Amerika Serikat, ada suatu tempat pagelaran rohani yang bernama “Sight and Sound”; yaitu seperti yang Saudara saksikan dalam perayaan dua Natal yang lalu. Memang pagelaran kedua Natal tersebut idenya berasal dari “Sight and Sound”; di mana dipagelarkan kisah Yusuf, Nuh, dan lain-lain.

Dan sudah hampir 10 tahun terakhir setiap kali ke Amerika, saya selalu menyempatkan diri ke Lancaster. Mengapa? Sebab bagi saya pertunjukannya ada dialog, nyanyian dan tarian, persis seperti apa yang saya lakukan dalam pelayanan saya, yaitu berkhotbah kemudian menyanyi dan sebagainya. Dan pengurapannya itu juga luar biasa. Setiap kali ke sana saya selalu minta duduk sendiri di pojok dan saya menikmati itu dengan menangis dan pengurapan Tuhan pun turun. Sejak dari awal saya sudah bertanya-tanya; siapakah pemiliknya? Saya percaya bahwa pemiliknya bukanlah orang sembarangan, melainkan orang yang benar-benar cinta Tuhan.

Pertunjukannya setiap hari dan tempat yang bisa menampung 2.500 orang itu selalu penuh padahal pertunjukannya berlangsung pada jam kerja. Jutaan orang yang telah menyaksikan pertunjukan di sana serta dijamah oleh Tuhan, dan mereka bertobat melalui pertunjukan tersebut.

Kita pun akan masuk dalam pelayanan yang seperti ini di mana kita sedang mempersiapkannya.

Pada kunjungan kali ini saya sempat dipertemukan dengan pemilik “Sight and Sound” tersebut dan apa yang terjadi? Ternyata tiba-tiba kami dipersatukan seperti sahabat lama. Saya bertanya-tanya apakah orang tersebut sudah berbahasa roh atau tidak? Dia mengajak saya dan berkata, “Mari saya mau melayani anda, silakan ambil makanan ...” dan itu terjadi di dekat tempat pertunjukan. Lalu pemilik teater tersebut memperlihatkan seluruh proses produksi mereka. Sesampainya di luar dia berkata kepada saya, “Sejak bertemu Anda, saya merasakan ada sesuatu” dan tiba-tiba dia merangkul saya dan saya pun merangkulnya. Jadi seolah-olah saya melepaskan suatu impartasi kepadanya begitu pun sebaliknya. Dan dia lalu berteriak, “I’ve got it! I’ve got it!”, lalu tiba-tiba sambil menangis dia berbahasa roh dengan kuatnya.

Setelah itu saya baru mengetahui bahwa 14 tahun yang lalu sebenarnya dia adalah seorang hamba Tuhan dan ceritanya panjang tentang itu. Tetapi ketika pengurapan itu sudah turun, saya menerimanya dan pengurapan itu akan mengajar saya dan kami mulai berbincang-bincang. Dan saya ingat Pak Welyar bertanya demikian, “Apa kriteria anda ketika memilih pemain-pemainnya?” Dan dia menjawab, “Kami menerapkan 3-‘C’. Nomor satu adalah ‘Character’. Nomor dua adalah ‘Commitment’ dan yang ketiga baru ‘Competence’.

Dalam gereja, pelayanan dan perusahaan yang kita pimpin, kita serahkan kepada Tuhan sebagai pemiliknya, tentu kita inginkan hal yang seperti tadi terjadi, yaitu menjadi berkat bagi orang lain. Dan Tuhan pasti memberkati kita. Jadi supaya menjadi gereja yang diurapi dan perusahaan yang diberkati, dasarnya adalah 3, yaitu: Character, Commitment, dan Competence.

Seperti halnya pemain-pemain pertunjukan itu, bukankah kita semua adalah ‘pemain-pemain’ di dunia? Apakah kita mau menjadi ‘pemain-pemain’ yang diurapi Tuhan? Mau menjadi saksi-Nya dan pengurapan Tuhan turun atas kita? Jangan lupakan ketiga hal itu!

  • Bagi orang dunia pasti yang terpenting adalah ‘commitment’ dan ‘competence’ yang mana keduanya dapat dibolak-balik urutannya.
  • Tetapi bagi kita sebagai anak-anak Tuhan yang menjadi nomor satu adalah ‘character’

Saya percaya kalau Saudara jalankan hal ini dengan tidak ragu-ragu di perusahaan atau di pelayanan Saudara, pasti pengurapan Tuhan akan turun dengan luar biasa, dan kita akan menjadi saksi Yesus! Perusahaan Saudara pun akan menjadi saksi Yesus! Semua akan melihat bahwa ada sesuatu yang berbeda dan mereka akan bertanya-tanya apa rahasianya? Sama seperti ketika saya menyaksikan pertunjukan di “Sight and Sound” sehingga saya bertanya-tanya siapakah pemiliknya.

Inilah yang sedang terjadi ... hari-hari ini Tuhan sedang mencari buah. Sekali lagi saya mau bertanya kepada Saudara; apakah Saudara mau supaya apa saja yang Saudara minta kepada Bapa dalam Nama Tuhan Yesus, dikabulkan? Rahasianya adalah: Pergi dan Berbuah!

Dan satu lagi tentang menjadi saksi Yesus, yaitu Roma 11:36 yang berkata, “Sebab segala sesuatu adalah dari Tuhan Yesus, dan oleh Tuhan Yesus, dan kepada Tuhan Yesus: Bagi Tuhan Yesuslah kemuliaan sampai selama-lamanya!” Haleluya!

Dengarlah Saudara, kita ada sebagaimana kita ada hari ini, semuanya adalah dari Dia, oleh Dia dan bagi Dia. Apa yang kita punya semuanya dari Dia. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin!