Kenapa setan menggoda manusia? (Khotbah Ev Daud Tony)

Dari GBI Danau Bogor Raya

Langsung ke: navigasi, cari
Kenapa setan menggoda manusia?
Daud Tony-20100307-3x4.jpg

Ev Daud Tony

Ringkasan Khotbah
KebaktianIbadah Raya 1
TanggalMinggu, 7 Maret 2010
GerejaGBI Danau Bogor Raya
TempatGraha Amal Kasih
KotaBogor

Kejadian 3:1-7,

Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?" Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: "Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan, tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati." Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "Sekali-kali kamu tidak akan mati, tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."
Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya. Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.

Ada yang bertanya sama saya,

  • Kenapa manusia diciptakan lebih mulia melebihi malaikat?
  • Kenapa manusia diampuni dan setan tidak? Tuhan itu kan adil, kenapa manusia diampuni dan setan tidak?
  • Kenapa Tuhan perlu menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru?

Kenapa manusia diciptakan lebih mulia melebihi malaikat?

Sebelum menciptakan manusia, tanaman, biji-bijian, Allah pertama menciptakan malaikat berlaksa-laksa, banyak sekali. Dan diciptakan malaikat terkuat, Mikael, panglima perang. Juga diciptakan Malaikat Gabriel, penghulu para malaikat. Juga diciptakan Malaikat terkuat, terdahsyat, yang paling sempurna di antara para malaikat, yaitu Lucifer. Dalam bahasa aslinya, malaikat itu diciptakan pantulan Tuhan.

Lucifer adalah malaikat yang paling dekat, sangat dekat dengan Tuhan. Lucifer adalah pemimpin pujian, yang paling disayang Tuhan, dan membawahi sepertiga malaikat Allah, dia juga tahu banyak rahasia tentang Tuhan.

Yehezkiel 28:13-14, Engkau di taman Eden, yaitu taman Allah penuh segala batu permata yang berharga: yaspis merah, krisolit dan yaspis hijau, permata pirus, krisopras dan nefrit, lazurit, batu darah dan malakit. Tempat tatahannya diperbuat dari emas dan disediakan pada hari penciptaanmu. Kuberikan tempatmu dekat kerub yang berjaga, di gunung kudus Allah engkau berada dan berjalan-jalan di tengah batu-batu yang bercahaya-cahaya.

Alkitab katakan, Lucifer ditempatkan di dekat gunung kudus Allah, artinya Lucifer itu sangat dekat dengan Tuhan, tahu banyak rahasia tentang Tuhan, dan Lucifer ingin menjadi Tuhan. Dosa yang pertama kali terjadi bukanlah di bumi tapi di sorga, yaitu pemberontakan Lucifer.

Ketika terjadi pemberontakan di Sorga, Lucifer memberontak bersama sepertiga malaikat. Dua pertiga malaikat dipimpin oleh Mikael dan Gabriel, tetap pro kepada Tuhan. Lucifer kalah dan dibuang ke bumi bersama sepertiga malaikat itu. Iblis, ular naga tua, sang setan, rajanya para setan, adalah satu pribadi yaitu Lucifer. Para malaikat yang ikut jatuh bersama Lucifer itu menjadi setan, jin, penghulu-penghulu di udara, termasuk genderuwo.

Di dunia ini yang paling menyedihkan adalah kalau dikhianati orang yang kita cintai dan percayai. Tuhan sangat sedih karena Lucifer sangat disayang oleh Tuhan. Tuhan itu perlu teman untuk diajak ngobrol, berbicara. Karena Lucifer diciptakan lebih mulia dibanding malaikat-malaikat lain, maka untuk menggantikan Lucifer maka diciptakanlah manusia, lebih mulia dari malaikat-malaikat dan melebihi Lucifer sendiri.

Adam diciptakan bukan sebagai pantulan-Nya, tapi segambar dan serupa Allah, alias fotonya Tuhan. Manusia diciptakan mulia melebihi malaikat-malaikat. Alkitab katakan, malaikat-malaikat Allah melayani orang-orang yang ditebus dalam nama Yesus, yaitu kita, anak-anak Allah.

Kenapa manusia diampuni dan setan tidak?

Lucifer marah karena dia dulunya adalah malaikat yang paling dihormati di antara semua malaikat. Kemudian dia jatuh menjadi malaikat yang paling hina, malaikat kegelapan, menjadi malaikat yang paling dibenci Tuhan, musuh Tuhan. Oleh sebab itulah manusia digoda setan, karena manusia mengambil posisi Lucifer.

Ketika Tuhan menciptakan Adam dan Hawa, buah-buahan dan biji-bijian boleh dimakan semua kecuali pohon pengetahuan yang baik dan jahat. Di antara semua binatang di darat, ular ialah yang paling pandai, maka ular dipakai Lucifer untuk datang kepada Hawa, "pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."

Adam dan Hawa pun jatuh ke dalam dosa. Dosa yang pertama kali terjadi di bumi pun sama seperti yang pertama kali terjadi di sorga, ingin menjadi seperti Allah. Dosa yang sama seperti Lucifer. Tapi kenapa manusia diberi kesempatan pengampunan dan setan tidak? Karena Lucifer memberontak kepada Allah tanpa digoda siapapun, tapi dari keinginannya sendiri untuk menjadi Allah! Karena itu dia tidak diampuni. Tapi manusia jatuh ke dalam dosa, memberontak kepada Allah, karena digoda oleh setan sehingga manusia diberi kesempatan untuk diampuni.

Setan tidak memiliki tujuan untuk menolong, atau menyelamatkan, atau memberkati manusia. Karena sejak manusia diciptakan pertama kali, sudah ada peperangan antara iri, dendam, kecemburuan. Setan tahu bahwa dia tidak diampuni tapi manusia diampuni.

Ada kesempatan yang harus kita ambil untuk diampuni, yaitu pertama, percaya Yesus, kedua berbuah. Di Sorga nanti kita kerjanya hanya bernyanyi, tidak ada yang khotbah, tidak ada yang mengedarkan kantong kolekte, tidak ada usher. Makanya di gereja nyanyi yang semangat. Kita akan menggantikan posisi Lucifer dan para malaikat yang jatuh itu untuk memuji dan menyembah Allah.

Kenapa Tuhan perlu menciptakan bumi yang baru dan bumi yang baru?

Pada waktu manusia diciptakan, itulah awal dari peperangan.

Wahyu 20:11-15, Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya. Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu. Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya. Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api. Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

Wahyu 21:1, Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi. Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.

Pada waktu takhta putih, pengadilan Allah kelak, maka langit dan bumi akan lenyap, dan laut pun tidak ada lagi.

  • Langit yang sekarang ini akan dilenyapkan Tuhan karena ada dosa pemberontakan Lucifer.
  • Bumi yang sekarang ini akan dilenyapkan Tuhan karena ada dosa pemberontakan manusia.

Tuhan akan menciptakan langit dan bumi yang baru, Yerusalem yang baru.

Tapi, waktu kedatangan Tuhan itu tidak ada seorang pun yang tahu, hanya Bapa yang tahu. Ada syarat-syarat kedatangan Tuhan, yaitu Bait Allah di Yerusalem didirikan. Saat ini, Bait Allah di Yerusalem belum didirikan.

Dua ribu tahun yang lalu, Bait Allah di Yerusalem dihancurkan oleh Jendral Titus dari Roma, hanya tersisa satu tembok, yaitu tembok ratapan. Berabad-abad kemudian, didirikan Masjid Al-Aqsa di atas pondasi Bait Allah ini. Jadi, kalau mau mendirikan kembali Bait Allah, harus merobohkan masjid di atasnya dan terjadilah perang Harmagedon, di mana Israel akan dikepung oleh seluruh dunia. Sekarang banyak anti-kristus di dunia, tapi Anti-Kristus yang sebenarnya nanti akan berdiri di atas Bait Allah dan menyatakan dirinya sebagai Allah.

Jangan percaya pada ramalan Suku Maya tahun 2012, itu adalah suku yang sangat primitif, kita harus percaya kepada Alkitab yang dari dulu sampai sekarang ya dan amin. Kapan pun Tuhan datang, kita sudah siap. Alkitab katakan, Dia segera datang.

Penutup

Mulai sekarang, jangan ragu, kita diciptakan untuk menggantikan posisi Lucifer sebagai penyembah dan pemuji Tuhan. Di Sorga nanti kita akan akan non-stop nyanyi terus. Hanya ada dua pilihan, Anda mau di Sorga nyanyi atau di neraka digebukin? Setan akan terus berusaha untuk menggoda manusia agar masuk neraka untuk menemani dia.

Firman-Mu berkata kau besertaku
Maka kuat roh dan jiwaku
Tangan-Mu Tuhan s'lalu kunantikan
Di setiap langkah kupercaya

Dengan sayap-Mu ku akan terbang tinggi
Di tengah badai hidup ku tak menyerah
Kau kekuatan dan perlindungan
Bagiku

Pertolonganku di tempat maha tinggi
Ku mengangkat tanganku, aku berserah
Kau kunantikan, Kau yang ku sembah
Yesusku, Rajaku

Kita diciptakan lebih mulia dari malaikat. Manusia diampuni, dan setan tidak diampuni. Setan tidak ada tujuan menolong menyelamatkan manusia, karena itulah awal dari peperangan pertempuran, setan tidak suka dan marah karena posisinya diambil manusia. Mulai hari ini Saudara yang dikasihi Tuhan, kau mengerti kau diciptakan lebih mulia di mata Tuhan.

Bapa di Sorga, dikuduskanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu di bumi seperti di sorga. Tutup bungkus kami semua dengan kuasa darah Yesus.

Amin.