7 pesan terakhir Yosua (9 Weeks of Breakthroughs) (Khotbah Pdt Sutadi Rusli)

Dari GBI Danau Bogor Raya

Langsung ke: navigasi, cari
7 pesan terakhir Yosua (9 Weeks of Breakthroughs)
Sutadi Rusli-20101107-3x4.jpg

Pdt Sutadi Rusli

Ringkasan Khotbah
Pdt Sutadi Rusli
Kebaktian9 Weeks of Breakthroughs
TanggalSabtu, 18 Desember 2010
GerejaGBI Danau Bogor Raya
TempatGraha Amal Kasih
KotaBogor
7 pesan terakhir Yosua
Buletin 9 Weeks of Breakthroughs.jpg
9 Weeks of Breakthroughs
PeriodeMinggu VIII
Tanggal18 Desember 2010
OlehPdt Sutadi Rusli
SebelumnyaTanggung jawab dan kepercayaan dari Tuhan (Pdt David Sulardi)
Buletin #11

Shalom, Saudara yang dikasihi Tuhan, saya percaya semua bersukacita dan diberkati Tuhan. Ini adalah hari terakhir 9 Weeks of Breakthroughs pada tahun 2010. Kita akan bersama-sama memasuki 2011 dengan lebih dahsyat lagi. Karena tahun 2011 berbicara mengenai kelimpahan, multiplikasi, setiap orang akan Tuhan angkat lebih lagi dan lebih lagi. Tahun 2011 juga begitu dahsyat di mana berkat dan mujizat Tuhan akan diberikan lebih besar, lebih besar, dan lebih besar lagi! Amin!

Yosua 23:6-14,

Kuatkanlah benar-benar hatimu dalam memelihara dan melakukan segala yang tertulis dalam kitab hukum Musa, supaya kamu jangan menyimpang ke kanan atau ke kiri, dan supaya kamu jangan bergaul dengan bangsa-bangsa yang masih tinggal di antaramu itu, serta mengakui nama allah mereka dan bersumpah demi nama itu, dan beribadah atau sujud menyembah kepada mereka.
Tetapi kamu harus berpaut pada TUHAN, Allahmu, seperti yang kamu lakukan sampai sekarang. Bukankah TUHAN telah menghalau bangsa-bangsa yang besar dan kuat dari depanmu, dan akan kamu ini, seorangpun tidak ada yang tahan menghadapi kamu sampai sekarang. Satu orang saja dari pada kamu dapat mengejar seribu orang, sebab TUHAN Allahmu, Dialah yang berperang bagi kamu, seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu.
Maka demi nyawamu, bertekunlah mengasihi TUHAN, Allahmu. Sebab jika kamu berbalik dan berpaut kepada sisa bangsa-bangsa ini yang masih tinggal di antara kamu, kawin-mengawin dengan mereka serta bergaul dengan mereka dan mereka dengan kamu, maka ketahuilah dengan sesungguhnya, bahwa TUHAN, Allahmu, tidak akan menghalau lagi bangsa-bangsa itu dari depanmu. Tetapi mereka akan menjadi perangkap dan jerat bagimu, menjadi cambuk pada lambungmu dan duri di matamu, sampai kamu binasa dari tanah yang baik ini, yang telah diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.
Maka sekarang, sebentar lagi aku akan menempuh jalan segala yang fana. Sebab itu insaflah dengan segenap hatimu dan segenap jiwamu, bahwa satupun dari segala yang baik yang telah dijanjikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, tidak ada yang tidak dipenuhi. Semuanya telah digenapi bagimu. Tidak ada satupun yang tidak dipenuhi.

Saudara yang dikasihi, ini adalah pesan Tuhan pada waktu Yosua akan meninggal. Menjadi pesan bagi kita juga untuk menutup 9 Weeks of Breakthroughs pada hari ini. Kalau pada awal ada 7 pesan maka hari ini juga akan ditutup dengan 7 pesan.

Daftar isi

#1 Pelihara dan lakukan Firman Tuhan

Bayangkan, kalau Saudara memiliki barang yang Saudara senangi, Saudara pasti pelihara. Entah itu perhiasan, alat-alat, pakaian, dan Saudara senang dengan semua itu, pasti Saudara akan pelihara, berikan tempat yang baik, diseka supaya jangan kotor karena Saudara senang dengan barang-barang ini.

Demikian juga, Firman Tuhan. Kalau Saudara juga mengasihi Tuhan Yesus Kristus, pasti Saudara akan memelihara Firman Tuhan dalam hati Saudara. Bahkan bukan hanya memelihara, tapi juga melakukan Firman Tuhan.

Mazmur 1:2 katakan merenungkan Taurat Tuhan siang dan malam. Ini berbicara pelihara dan lakukan Firman Tuhan. Jadi apa yang ada dalam pikiran kita setiap hari, tidak ada lain yaitu hanya Firman Tuhan. Karena Saudara mengasihi Dia, maka Saudara masukkan, dan apa yang menjadi dasar mengambil keputusan, tidak ada kata lain adalah Firman Tuhan. Karena Saudara mengasihi Tuhan, maka Saudara pasti memelihara Firman Tuhan, bahkan Saudara melakukan Firman Tuhan.

#2 Jaga pergaulan

Orang benar mendapati tempat penggembalaannya, tetapi jalan orang fasik menyesatkan mereka sendiri. (Amsal 12:26)

Dalam bahasa Inggris, A righteous man is cautious in friendship, but the way of the wicked leads them astray. (Amsal 12:26 NIV) Terjemahannya adalah orang benar harus memilih teman-temannya dengan hati-hati karena jalan orang fasik menyesatkan mereka sendiri.

Tuhan katakan, jaga pergaulan Saudara! Hari-hari ini dunia dipenuhi dengan segala macam kejahatan dan kebobrokan. Firman Tuhan katakan, pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. Kita sudah ditetapkan jadi anak-anak Tuhan, Saudara harus jaga pergaulan dan sikap Saudara hari lepas hari. Kita boleh kenal orang-orang, tapi perhatikan lingkungan pergaulan Saudara. Hati-hati karena kita itu mudah dipengaruhi oleh lingkungan kita, karenanya jaga pergaulan Saudara, pergaulan keluarga-keluarga Saudara.

#3 Tetap setia kepada Tuhan

Saudara yang dikasihi Tuhan, apa pun yang terjadi, Saudara harus tetap setia kepada Tuhan.

Tetapi seperti telah datang atas kamu segala yang baik, yang telah dijanjikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, demikianlah TUHAN akan mendatangkan atas kamu segala yang tidak baik sampai Ia telah memusnahkan kamu dari tanah yang baik ini, yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, apabila kamu melangkahi perjanjian, yang telah diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, dan pergi beribadah kepada allah lain dan sujud menyembah kepada mereka. Maka murka TUHAN akan bangkit terhadap kamu, sehingga kamu segera binasa dari negeri yang baik, yang telah diberikan-Nya kepadamu." (Yosua 23:15-16)

Yosua berpesan kepada orang-orang Israel, jangan sampai meninggalkan Tuhan Allahmu karena kalau kamu meninggalkan Tuhan Allahmu, kamu tidak akan mendapatkan apa yang dijanjikan Tuhan kepadamu.

Ayat 14 katakan bahwa Tuhan sudah memberikan apa yang sudah dijanjikan, dan tidak ada yang tidak digenapi! Semua pasti mau seluruh janji Tuhan digenapi dalam hidupnya. Tapi Tuhan katakan, tetap setia, jangan ada yang mundur dari Tuhan, apalagi yang murtad, menjual hak kesulungannya. Sekali pegang Tuhan Yesus, tetap Saudara harus pegang Tuhan Yesus Kristus. Apa pun yang terjadi, tetap ada dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

#4 Jika Tuhan di pihak kita siapa lawan kita?

Kalau kita hidup dalam kebenaran, tentu mau tidak mau Tuhan tidak dapat menyangkal, Dia pasti akan bersama-sama dengan kita. Tuhan ada dalam kehidupan kita, kita akan berkata, "siapakah lawan kita".

Ada seorang ibu datang dan bercerita, minta didoakan karena ada masalah keluarga karena suaminya tercantol perempuan lain.

Lalu kita katakan pada ibu ini, "Kalau ini boleh terjadi dalam keluarga ibu, berarti yang nomor satu, Tuhan ingin berurusan dengan Ibu terlebih dahulu. Tuhan ingin Ibu betul-betul sungguh-sungguh hidup dalam Dia, hidup dalam kekudusan. Urusan suami itu urusannya Tuhan. Yang bisa mengubah hati hanyalah Tuhan. Dan kalau Ibu lakukan hidup dalam kebenaran, maka Tuhan ada di pihak Ibu. Dan kalau Tuhan ada di pihak kita, siapa lawan kita?" Musuh kita bukan suami kita, tapi penghulu-penghulu di udara, kekuatan kuasa-kuasa di udara. Kita mengasihi suami kita, tapi kita tengking semua kekuatan Iblis yang mempengaruhi suami kita.

Kalau Tuhan ada di pihak kita? Siapa lawan kita? Tidak ada!

#5 Satu orang mengalahkan 1000 orang!

Orang-orang Kristen, orang-orang percaya, diperlengkapi dengan sesuatu yang luar biasa, yaitu Roh Kudus di dalam hidup Saudara. Saudara dapat melakukan sesuatu yang dahsyat pada hari-hari ke depan karena ada Roh Kudus dalam hidup Saudara. Untuk itu, Saudara jangan pernah gentar, Saudara akan diangkat, dipromosikan Tuhan lebih tinggi, lebih tinggi, lebih tinggi lagi di tahun 2011!

Pada waktu minggu lalu, kita mendengar kesaksian Ibu Nining, bercerita seorang yang sederhana secara pengetahuan, secara kepintaran, sebagai orang yang sederhana. Tapi orang dapat diangkat Tuhan kalau mengandalkan Tuhan karena ada Roh Kudus di dalam diri orang percaya. Apa yang dilihat dunia itu lemah, justru digunakan Tuhan untuk mempermalukan dunia.

Bersama Yesus kita pasti bisa!

#6 Kasihilah Tuhan Allahmu

Masih ingat hukum yang terutama? Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. (Matius 22:37)

Ini adalah hukum terutama, kasihilah Tuhan Allah, pertama dengan hati, dan kedua dengan jiwa, dan ketiga dengan akal budi.

Bukankah dalam 1 Tesalonika 5:23, Tuhan juga katakan peliharalah roh, jiwa, dan tubuhmu! Kita harus mengasihi Tuhan dengan roh, jiwa, dan tubuh!

  • Kalau Saudara mengasihi Tuhan, Saudara akan pelihara Roh Kudus yang ada dalam hidup Saudara. Saudara tidak akan sembarangan mengisi dengan roh lain.
  • Waktu Saudara mengasihi Tuhan, Saudara akan memelihara jiwa Saudara. Jiwa itu berbicara sesuatu yang merekam. Saudara tidak akan sembarangan melihat sesuatu mendengar sesuatu. Yang tidak Alkitabiah tidak akan Saudara lihat dan dengar, sehingga jiwa terpelihara, karena Saudara mengasihi Allah kita, Tuhan Yesus Kristus.
  • Segenap akal budi berbicara mengenai tubuh kita. Saudara pasti akan memelihara tubuh Saudara, Saudara tidak akan stres, makan sembarangan, Saudara akan hidup sehat, tidak lagi merokok, istirahat cukup, senantiasa memuji-muji Tuhan. Setiap pribadi dalam nama Tuhan Yesus Kristus bahkan Saudara yang ada pagi ini, Tuhan mau pakai Saudara lebih dahsyat lagi tahun-tahun ke depan.

Tuhan mau pakai hidup Saudara untuk memuliakan nama Yesus di mana pun Saudara berada.

#7 Semuanya sudah digenapi

Kita percaya Tuhan sudah menggenapi apa yang Tuhan janjikan kepada kita. Bagian kita adalah kita percaya bahwa Tuhan sudah menggenapi! Amin.

Pengurapan yang Tuhan berikan kepada kita adalah untuk kita memasuki 2011, di mana setiap pribadi akan dipakai sebagai saksi bagi Kristus. Tahun 2011 Tuhan akan pakai Saudara memenangkan jiwa. Tahun 2011 Tuhan akan pakai Saudara melakukan mujizat-mujizat. Yang mati dibangkitkan, yang sakit disembuhkan. Tuhan sedang melengkapi gereja Tuhan untuk melakukan banyak mujizat. Persiapkan dengan baik.

Tahun 2011, the Year of Greater Blessings and Miracles, artinya berkat yang lebih dahsyat lagi, mujizat yang lebih dahsyat lagi, itu diberikan kepada Saudara. Bonus dari itu adalah setiap pribadi dan keluarga akan diberkati Tuhan secara rohani dan jasmani.

Amin.