Karakter seorang saksi Kristus

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari

Salah satu kunci untuk mengalami Multiplikasi dan Promosi dari Tuhan adalah keturunan orang benar harus bertambah banyak dan jangan berkurang, bagaimana caranya? kita harus hidup sebagai saksi Kristus sejati.

Apa yang membedakan antara seorang saksi Kristus dengan manusia lainnya? Seorang saksi Kristus memiliki karakter yang sama dengan Kristus yaitu kesetiaan. Seorang saksi Kristus pasti mempunyai harapan bahwa suatu hari kelak Tuhan Yesus Kristus akan berkata kepadanya "... baik sekali perbuatanmu itu, hai hamba-Ku yang baik dan setia.." (Matius 25:21). Apa yang membuat Daniel mempunyai roh yang luar biasa? (Daniel 6:2-4) dia memiliki kemampuan yang berbeda daripada orang-orang lain dan membuat kagum raja yang berkuasa pada saat itu, apa penyebabnya? karena Daniel mau mengembangkan karakter kesetiaannya (Daniel 6:5)

Dengan mengembangkan karakter kesetiaan maka paling tidak seorang saksi Kristus akan mengalami tiga hal yaitu:

  1. Dipercaya untuk mengelola miliknya Tuhan.
    "Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya? Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya. (Matius 24:45-47)
  2. Menikmati persekutuan dengan Tuhan
    Berhadap-hadapan Aku berbicara dengan dia, terus terang, bukan dengan teka-teki, dan ia memandang rupa TUHAN. Mengapakah kamu tidak takut mengatai hamba-Ku Musa?" (Bilangan 12:8)
    Orang yang setia akan memiliki kepekaan mendengar suara Tuhan.
  3. Merasakan nikmatnya menyukakan hati Tuhan.
    Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu (Matius 25:21)

Ketiga hal tersebutlah yang membuat seorang saksi Kristus mempunyai kehidupan yang berbeda dibandingkan manusia-manusia yang lain, karena ada karakter kesetiaan yang membuat Tuhan berkenan dengan hidupnya sehingga akan membuat orang yang percaya akan semakin bertambah.

Demikian juga yang terjadi pada kehidupan jemaat mula-mula, mereka terus mengembangkan buah Roh Kesetiaan sekalipun mengalami aniaya, intimidasi namun mereka tetap setia terhadap Kristus maka apa yang terjadi?

“sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan “ (Kisah 2:47)

Bagaimana kita bisa mengembangkan buah Roh Kesetiaan sebagai tanda seorang saksi Kristus?

  1. Setia dalam perkara-perkara yang kecil
    "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar. (Lukas 16:10)
  2. Berlaku setia dalam pengelolaan keuangan
    Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya? (Lukas 16:11)
  3. Menyadari dan menerima kehadiran Tuhan yang bersemayam di dalam diri kita
    Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? (1 Korintus 3:16)
    Kesadaran kita bahwa Tuhan bersama kita seharusnya akan membuat kita tidak mau kompromi dengan dosa, akan membuat kita menikmati hidup melakukan Firman Tuhan dan membuat kita begitu tenang karena Roh yang di dalam kita lebih besar daripada roh yang ada di dalam dunia ini.
    Itulah yang membuat Tuhan “kerasan, betah“ tinggal di dalam bait-Nya.

Mari kita terus kembangkan karakter kesetiaan di dalam hidup kita sebagai tanda seorang saksi Kristus, sehingga Multiplikasi dan Promosi terjadi, keturunan orang percaya akan semakin bertambah banyak untuk kemuliaan nama Tuhan ! Haleluya!

Kiranya Tuhan memberkati kita semua, Amin.

Sumber